web developer sukses

3 Tips Sederhana Menjadi Web Developer Sukses

Menjadi Web Developer adalah pekerjaan yang gampang-gampang susah, oleh sebab itu kita butuh tips dan trik untuk menjadi seorang Web Developer Sukses. Sebelum kita membahas lebih jauh, Web Developer yang saya maksud disini adalah:

Seorang yang mengerti bahasa pemrograman dan ilmu IT namun juga mengerti ilmu marketing

Artinya orang ini bisa disebut sebagai IT Freelancer, atau istilah kerennya IT Preneur.

Mengapa saya membahas hal ini? bukannya ilmu IT itu sangat luas. Mulai dari jaringan, internet of things, peripherals, hingga hal yang berhubungan dengan Multimedia. Jawabannya simpel, karena saya sedang menjalaninya 😀

Mulai menjadi Seorang Web Developer Sukses

Tips ini sebenarnya bisa dipakai untuk bisnis apa saja, namun akan sangat berguna jika digunakan didalam usaha bidang Web Development karena saking sederhananya, 3 hal ini sering dilupakan. Sedangkan di bisnis lain 3 hal ini seperti sudah mendarah daging. Apa saja tipsnya, mari kita simak:

  1. Testimoni Klien
    Kekuatan yang pertama adalah Testimoni dari klien kita. Testimoni mampu memberikan impact besar walaupun terlihat sangat sederhana, karena testimoni berasal dari orang lain. Anda bayangkan ketika kita mempunyai suatu usaha dan yang memberikan testimoni adalah kita sendiri. Karena seorang tukang kecap tidak pernah mengatakan bahwa kecapnya tidak enak.

    Testimoni tersebut menurut saran saya harus berupa video, walaupun melalui tulisan juga lumayan sudah kuat, namun melalui video akan jauh lebih kuat lagi. Bagaimana menurut anda?

  2. Metode Pembayaran
    Tips sederhana yang kedua yaitu metode pembayaran. Karena biasanya hal yang paling utama ditanyakan oleh para klien yaitu harga. Bagaimana anda menyiasati harga yang anda tawarkan agar tetap bisa diterima oleh klien? Tawarkan dua cara melakukan pembayaran, yaitu dengan cara Cash dan Kredit.

    Anda bisa memberikan variasi pembayaran, misalkan dengan cara cash harga akan lebih murah, dan cara kredit akan sedikit lebih mahal. Atau tidak terjadi perubahan harga. Namun inti dari point kedua ini yaitu memberikan kemudahan klien dalam melunasi pembayaran.

    Beberapa waktu yang lalu saya sempat membaca tulisan seorang Profesional IT Senior yaitu Mas Kukuh di salah satu web langganan bacaan saya yaitu Codepolitan. Beliau menjelaskan satu studi kasus yang sering kita jumpai, begini kutipan tulisannya:

    Anda menawarkan aplikasi kepegawaian dengan harga 20 juta kepada perusahaan A. Kemudian perusahaan tersebut merasa keberatan dan melakukan negosiasi harga,

    “saya tertarik, tapi budget saya Cuma 12 juta. Mungkin lain waktu akan kami kabarin lagi”. – Klien

    Nawarnya sadis banget kan, jangan kaget Anda akan sering menjumpai hal seperti ini di Indonesia. Tapi hal tersebut tidak menjadi hambatan, jangan biarkan tawaran Anda berakhir dengan kalimat itu. Anda bisa jawab,

    “Tidak masalah pak dengan budget 12 juta, kami memberikan kemudahan pembayaran 3 kali. Saat ini bapak dapat membayar 12 juta terlebih dahulu dan kita deal, dan sisanya dapat dilakukan secara bertahap setelah bapak mendapatkan keuntungan dari aplikasi ini”.

    Kemudian klien akan berpikir ulang menerima tawaran anda, kadang masih saja dia akan menawar seperti ini,

    “Kalau saya sih maunya 15 juta dengan pembayaran 3 kali angsuran”. – Klien

    Dengan tegas anda bisa jawab seperti ini,

    “Boleh pak 15 juta, dengan langsung cash sekali bayar ya, karena untuk angsuran kami hanya memberikannya dengan harga yang kami tawarkan semula”.

    Kemudian Anda dapat langsung menawarkan surat perjanjian yang sudah anda siapkan untuk ditandatangani oleh klien. Maka secara psikologis klien pasti hanya memikirkan dua pilihan tersebut, mau ambil 15 juta tapi langsung cash atau 20 juta bisa diangsur 3x.

  3. Niat Menolong
    Untuk Menjadi Web Developer Sukses anda tidak akan terlepas dari suatu hukum alam yang entah kenapa jika kita lakukan hal ini akan selalu berdampak baik kedepannya. Hukum alam tersebut ialah: Niat untuk Menolong, bukan niat untuk mendapatkan uang.

    Memang disini kita mencari uang, tapi tempatkanlah niat untuk menolong masalah klien pada prioritas utama. Dari situ anda akan banyak sekali mendapatkan keuntungan, salah satu keuntungan terbesar yaitu anda dapat Menjaga hubungan baik dengan klien. Hubungan yang baik akan menghasilkan testimoni yang baik untuk mereka ceritakan kepada kolega-koleganya, dan pada akhirnya value kita pun akan terangkat lebih tinggi. Branding !!

Saran tambahan

Jika anda memutuskan untuk Menjadi seorang Web Developer Sukses sebaiknya jangan dijalankan setengah-setengah, walaupun posisi anda sekarang adalah seorang karyawan di pabrik atau perkantoran namun selalu berusaha untuk menjadi seorang Web Developer yang profesional hingga akhirnya anda bisa menjadi seorang Web Developer Sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *