Home » Blog » Singkawang » Visi Misi Kota Singkawang Tahun 2017-2022

Visi Misi Kota Singkawang Tahun 2017-2022

visi misi kota singkawang

Visi Misi Kota Singkawang adalah hal yang harus diketahui oleh seluruh masyarakat kota singkawang, karena dengan mengetahui visi dan misi singkawang ini maka kita akan tau arah kota singkawang dalam lima tahun kedepan akan seperti apa.

Lebih Dalam Tentang Visi Misi Kota Singkawang

Bicara tentang arah, sudah pasti akan menjadi panduan kepada kita untuk sinkronisasi apa yang akan kita lakukan kedepannya. Ini bukan hanya berlaku pada dunia pemerintahan lho, tapi juga bagi yang bergelut dibidang wiraswasta bahkan bagi yang masih sekolah.

Arah menentukan tujuan. Dan tujuan merupakan masa depan. Apabila visi misi kota singkawang ini terwujud maka setidaknya arah yang kita ikuti tersebut akan lebih maju dari sebelumnya. Hal seperti ini tidak lepas dari dukungan semua elemen masyarakat, khususnya masyarakat kotva singkawang. Boleh kritis, tapi maju bersama arah yang telah ditentukan akan jauh lebih powerfull dibanding melawan arah namun berujung pada keputusasaan (kok ane curhat).

Visi Kota Singkawang

Seperti yang sudah kita bahas diatas tentang arah. Visi adalah tujuan dari arah yang telah ditentukan. Maka dari itusangat penting jika kita benar-benar mengetahui tujuan kita. Tujuan yang ter-arah akan lebih cepat sampai dibanding harus membuat arah sendiri walaupun tujuannya sama.

SINGKAWANG HEBAT

Singkawang Hebat adalah visi kota singkawang, namun apa penjelasan dari singkawang hebat itu? Penjelasan diambil dari kata HEBAT. Berikut merupakan penjelaan lebih rinci/detail dari kata HEBAT dari Visi Kota Singkawang:

  1. Harmonis Dalam Keberagaman Agama, Etnis Dan Budaya
    Masyarakat Kota Singkawang yang majemuk akan menghadirkan nilai-nilai sosial, kesantunan, kesopanan dan adat istiadat yang beragam yang ditunjukkan dalam sikap, sifat dan tindakan masyarakat sehari-hari. Masyarakat yang harmonis dalam keberagaman akan menjadikan dan menghargai segala bentuk perbedaan tersebut sebagai potensi dan pendukung keberhasilan pembangunan daerah.
  2. Ekonomi Kerakyatan Yang Handal, Kreatif Dan Mandiri
    Sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dapat diukur dari laju pertumbuhan ekonomi di daerah. Melalui strategi ekonomi kerakyatan yang handal, kreatif dan mandiri, diharapkan mampu meningkatkan kualitas pertumbuhan ekonomi Kota Singkawang seiring dengan laju inflasi yang terkendali, menurunnya angka pengangguran dan kemiskinan.
  3. Bersih, Tegas, Amanah Dan Efektif Dalam Penyelenggaraan Tata Kelola Pemeritahan
    Kota Singkawang yang bersih adalah harapan seluruh harapan masyarakat Kota Singkawang. Lingkungan kota yang bersih, indah, hijau dan berbunga akan menjadikan Kota Singkawang sebagai kota yang nyaman untuk ditinggali. Selain itu, bersih, tegas, amanah dan efektif juga menjadi ciri dari penyelenggaraan tata kelola pemerintahanyang berorientasi pada pelayanan publik yang prima serta berbasis pada teknologi komunikasi dan informasi.
  4. Adil dan Merata Dalam Pembangunan Insfrastruktur, Kesehatan Dan Pendidikan
    Terciptanya kondisi yang adil, sehat, cerdas dan sejahtera di segala bidang adalah harapan seluruh masyarakat Kota Singkawang. Adil, dapat diartikan sebagai pemberian hak kepada siapapun yang telah melaksanakan kewajiban mereka. Selain itu, adil juga berarti kesetaraan seluruh masyarakat dalam hukum dan penyelenggaraan pemerintahan. Adil juga berarti pemerataan distribusi hasil pembangunan tanpa ada diskriminasi baik antar individu maupun antar wilayah. Rasa keadilan di tengah-tengah masyarakat akan mewujudkan masyarakat yang sehat dan cerdas serta sejahtera di bidang ekonomi, sosial dan budaya.
  5. Terdepan Dalam Perdagangan, Jasa dan Pengembangan Pariwisata
    Mewujudkan Singkawang sebagai Kota yang terdepan dalam perdagangan, jasa dan pariwisata merupakan impian masyarakat Kota Singkawang. Hal ini mengandung makna bahwa Singkawang mendasarkan bentuk aktivitasnya pada pengembangan ekonomi yang lebih menitikberatkan pada kota jasa dan perdagangan sesuai dengan karakteristik masyarakat kota.
    Potensi di bidang perdagangan akan membawa Kota Singkawang sebagai penghasil komoditas perdagangan bagi daerah di sekitarnya (hinterland). Selain itu Kota Singkawang juga memiliki potensi sebagai pusat pelayanan jasa pendidikan, kesehatan, perdagangan, pemerintahan, transportasi, keuangan dan pariwisata. Khusus dalam bidang pariwisata, Kota Singkawang memiliki daya tarik wisata yang sangat kuat.
    Kondisi Alam yang berada di antara wilayah dataran tinggi, pegunungan, dan laut menghadirkan keindahan alam tersendiri. Masyarakatnya yang terdiri dari beragam agama, etnis dan budaya, menghadirkan keunikan yang sangat menarik baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke Kota Singkawang.
    Posisi Singkawang sebagai Kota Pesisir telah mengembangkan karakteristik masyarakat yang sangat kuat di bidang penyelenggaraan jasa dan perdagangan, yang dapat menjadi kekuatan tersendiri dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.
    Pengembangan Kota Wisata diarahkan untuk memberikan dampak positif di berbagai sektor jasa, perdagangan dan industri kreatif, terutama bagi usaha mikro, kecil dan menengah dengan tidak mengesampingkan usaha berskala besar.

Misi Kota Singkawang

Untuk mewujudkan Visi Singkawang HEBAT Tahun 2022, maka MISI yang akan dilakukan sebagai Berikut :

  1. Mewujudkan Dan Memelihara Harmonisasi Dalam Keberagaman Agama, Etnis Dan Budaya
  2. Mewujudkan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan Yang Handal, Kreatif Dan Mandiri
  3. Mengoptimalkan Pemanfaatan dan Pengendalian Potensi Sumber Daya Alam, dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Masyarakat
  4. Mewujudkan Pemerintahan Yang Bersih, Tegas, Amanah Dan Efektif Yang Berorientasi Pada Pelayanan Publik Yang Prima Berbasis Teknologi Komunikasi Dan Informasi
  5. Mewujudkan Sumber Daya Manusia Yang Sehat Dan Cerdas
  6. Mewujudkan Pembangunan Insfrastruktur Yang Terarah Dan Berkesinambungan
  7. Mewujudkan Kota Singkawang Sebagai Kota Perdagangan, Jasa Dan Pariwisata

Penutup

Visi Misi Kota Singkawang tidak akan terwujud tanpa adanya dukungan dari semua pihak. Bukan hanya pemerintah yang bekerja untuk mewujudkan hal ini, namun masyarakat juga seharusnya menyadari akan pentingnya arah yang akan dicapai oleh kota singkawang untuk kebaikan Singkawang kedepannya.

Seperti biasa, saya selalu menghadirkan video di akhir artikel, agar visualnya dapet 😀 Nah berikut ini adalah video dari teman kita di SCC:

Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *