Home » Blog » Website » Tips Google Play Untuk Developer Android [RESMI]

Tips Google Play Untuk Developer Android [RESMI]

tips google play

Tips Google Play ini saya rangkum dari beberapa sumber terpercaya dari situs-situs partner google hasil browsing beberapa hari ini.

Tips berikut ini berhubungan langsung dengan aturan/kebijakan penting yang menjadi acuan utama sebelum kita melakukan publish aplikasi ke Play Store.

Hal ini mungkin terlihat sederhana bagi kita, namun taukah kamu bahwa penekanan utama dari para pengembang aplikasi seperti Startup yang sudah bergabung dalam komunitas terpercaya meletakkan hal ini di daftar prioritas utama sebelum memulai kesuksesan aplikasi yang di bangun nya.

Berawal dari mencari tahu sedikit banyaknya tentang Google Play Store karena niat ingin melakukan upload aplikasi buatan sendiri ke tempat penyimpanan dan penjualan aplikasi yang terkenal itu, saya harus membongkar banyak sekali resource terkait supaya paham dan tidak ceroboh dalam melakukan hal yang bisa jadi orang anggap itu sederhana, akhirnya saya menemukan satu halaman resmi google play yang menekankan aturan-aturan dan beberapa tips khusus untuk mencapai kesuksesan dalam proses untuk mencapai kesuksesan dalam pengembangan aplikasi langsung dari perusahaan tersebut.

Tips Google Play untuk Kesuksesan Aplikasi

Mengapa Peraturan Google Play menjadi kunci utama yang mereka tekankan, karena..

Kepercayaan pengguna adalah kunci keberhasilan Google Play. Aplikasi yang diunduh pengguna tidak boleh berisi materi yang menyinggung atau berbahaya, memperlakukan data pengguna dengan tidak semestinya, atau berperilaku dengan cara yang tidak terduga.

Dengan mengikuti kebijakan dan panduan Google Play, Anda akan membuat aplikasi yang berkontribusi terhadap kepercayaan pengguna secara keseluruhan di Google Play.

Berikut Tips Sederhana Untuk Developer Google Play yang harus kita ketahui:

  1. Tinjau Halaman Policy Center Google Play
    Sebaiknya Anda meninjau Halaman Policy Center (Pusat Kebijakan) disini setiap kali Anda tidak yakin apakah aplikasi Anda melanggar kebijakan.
  2. Jelaskan aplikasi Anda dengan tepat
    Setiap terjemahan deskripsi aplikasi Anda harus sesuai dengan kebijakan metadata, jadi luangkan waktu untuk mendeskripsikan aplikasi Anda dengan tepat untuk menghindari pelanggaran kebijakan metadata.
  3. Gunakan gambar Buatan Sendiri
    Jangan menggunakan gambar yang bukan hasil karya anda sendiri, karena mungkin memiliki Hak Cipta dari pembuat gambar Aslinya. Ikon aplikasi Anda dan aset grafik apa pun di Cantuman Store Anda hanya boleh menyertakan gambar yang Anda miliki haknya untuk digunakan. Jika Anda telah diberi izin untuk menggunakan aset milik orang lain, Anda dapat memberi tahu tim peninjau aplikasi menggunakan formulir ini. Pastikan semua teks dan gambar yang digunakan dalam Cantuman Store Anda sesuai untuk segala usia.
  4. Beri nilai aplikasi Anda secara akurat
    Saat menjawab pertanyaan pada review aplikasi, penting bagi anda untuk memberikan jawaban yang akurat agar dapat menerima peringkat/rating yang akurat.
  5. Tangani data pengguna dengan hati-hati
    Biasanya pada aplikasi anda mewajibkan untuk pendaftaran, disanalah Pengguna akan memberikan datanya pada saat melakukan pendaftaran (register) sebagai member baru dari aplikasi anda. Data pengguna dapat menyertakan informasi yang diberikan oleh pengguna, dikumpulkan tentang pengguna, atau dikumpulkan tentang interaksi pengguna dengan aplikasi atau perangkat. Jika aplikasi Anda mengumpulkan data pengguna pribadi atau sensitif, tangani dengan aman dan sertakan kebijakan privasi di Cantuman Toko Anda dan di aplikasi Anda.
  6. Pastikan iklan di aplikasi Anda Tidak menyalahi Aturan
    Artinya iklan yang anda pasang pada aplikasi anda harus sesuai dengan kebijakan. Hal ini berhubungan dengan kebijakan untuk menampilkan iklan yang mengganggu atau menipu, termasuk iklan yang tampil sebagai pemberitahuan sistem aplikasi, iklan yang tidak dapat ditutup, atau iklan yang muncul setelah pengguna menutup aplikasi. Konten iklan juga tidak boleh menyertakan gambar dewasa, kekerasan, atau apa pun yang akan melanggar kebijakan konten yang dibatasi. Tanyakan kepada penyedia iklan Anda untuk mempelajari tentang opsi pemfilteran.
  7. Jangan lupakan kebijakan konten yang dibatasi
    Periksa aplikasi Anda dan Cantuman Store Anda untuk konten apa pun yang dibatasi, seperti konten dewasa, kekerasan, atau obat-obatan. Jika konten apa pun di aplikasi Anda dibuat oleh pengguna, lakukan tindakan pencegahan tambahan untuk memberikan pengalaman aplikasi yang sesuai dengan kebijakan. Periksa kebijakan konten yang dibuat pengguna untuk mempelajari lebih lanjut.
  8. Perbarui preferensi email Anda
    Pastikan untuk memperbarui alamat email Anda di halaman detail akun di Play Console Anda sehingga pihak Google Play dapat menghubungi Anda jika bermasalah dengan kebijakan.
  9. Perbaiki masalah kebijakan apa pun yang ditemukan dalam peninjauan
    Aplikasi Anda mungkin masih ditolak atau ditangguhkan setelah ditinjau meskipun Anda telah memeriksa aplikasi Anda terhadap kebijakan tersebut. Namun, banyak pelanggaran dapat diperbaiki dengan mengikuti langkah-langkah di email “Pemberitahuan dari Google Play” yang Anda terima langsung dari Inbox email anda yang sudah anda cantumkan di preferensi.
  10. Hubungi pihak Google Play
    Jika Anda tidak setuju dengan pelanggaran kebijakan, atau jika Anda ingin membantu menyelesaikan masalah kebijakan Anda, Anda dapat menghubungi tim dukungan kebijakan Google Play disini

Penutup

Google Play Store adalah tempat menaruh atau menjual aplikasi buatan para pengembang aplikasi yang paling banyak digunakan saat ini, sebenarnya masih banyak tempat-tempat lain yang dapat kamu gunakan pada saat ini, namun tetap saja aplikasi tersebut jangan sampai melanggar peraturan-peraturan karena mengakibatkan aplikasi anda tidak akan dipercaya oleh pengguna. Oleh sebab itu Tips Google Play saya tulis kembali agar kita tidak menghabiskan waktu untuk membuat aplikasi yang tidak berguna.

Berikut video penjabaran singkat untuk tips google play yang sudah di tulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *