Menu Close

Tentang Google Pinguin Yang Harus Diketahui

google penguin versi kartun

Google Pinguin adalah algoritma terbaru dari google setelah google panda (update tahun lalu pada bulan februari 2011). Update algoritma yang di rilis pada tanggal 23 maret 2012 adalah algoritma penyempurnaan dari google panda, walaupun pada google panda masih tetap meng-update algoritma nya sampai saat ini.
Salah satu Info tentang update ini bisa anda dapatkan disini

Tujuan update google pinguin

Pada web source nya Matt Cutts berkata :

We want people doing white hat search engine optimization (or even no search engine optimization at all) to be free to focus on creating amazing, compelling web sites. (Another step to reward high-quality sites, Inside Search)

Yang kurang lebih artinya:
Kami ingin para webmaster mengoptimasi situsnya dengan cara yang benar (White Hat SEO) atau bahkan tidak mengoptimasi sama sekali agar lebih fokus dalam membuat situs yang LUAR BIASA dan sesuai aturan (Google Guidelines).

Kata-kata “tidak mengoptimasi sama sekali” maksudnya adalah tidak berlomba-lomba mencari backlink untuk mendapatkan SERP (Search Engine Results Position) yang bagus. Biasanya hal ini kia lakukan pada optimasi SEO OFF PAGE.
Saran saya adalah : lakukanlah optimasi seadanya secara wajar

Bedanya dengan Algoritma Panda adalah Google Panda lebih memfokuskan pada kualitas Konten, sedangkan Google pinguin lebih kepada Web Spam. Walaupun anda tidak merasa membuat sebuah web spam, tapi bisa saja web/blog anda di anggap spam oleh algoritma ini, beberapa ciri web yang bisa di anggap spam oleh Google pinguin adalah :
– Terlalu banyak menaruh iklan di dalam halaman web
– Blog dan website mengandung trojan, malware, dan spam
– Terlalu berlebihan dalam memberikan backlink – biasa disebut “SEO over optimization”
– Terdapat Hidden links (link tersembunyi) dan Hidden texts (Teks tersembunyi) pada artikel kita

Cara menghindari penalti dari google pinguin

Point ini adalah tentang google pinguin yang harus kita ketahui supaya tidak repot rebuilding ulang, kita sebagai webmaster seharusnya cerdik dalam menyikapi hal ini. Lakukanlah review artikel anda yang terdahulu misalkan dengan melakukan pengecekan pada link yang error, atau link tautan ke single page atau halaman web yang lain. Dan juga perhatikan struktur pemakaian huruf tebal, huruf miring, dan huruf bergaris bawah pada artikel apakah sudah sewajarnya anda pakai pada sebuah artikel web/blog anda. Untuk teknis pelaksanaannya anda bisa mencari gambaran detail mengenai hal ini pada blog teman kita yang sudah banyak di posting.

Yang kedua yaitu dengan cara mengirimkan feedback kepada google jika ada artikel anda yang terkena penalty. Anda bisa kirim pada link ini GOOGLE FEEDBACK FORM

Yah walaupun algoritma google pinguin ini mulai melancarkan serangannya saat ini secara besar-besaran, kita hanya bisa berdoa sambil berusaha dalam optimasi web/blog kita. Selama kita tidak merasa banyak melakukan kesalahan dan selalu nge-blog dari hati, insyaallah konten kita akan selalu masuk ke dalam kategori berkualitas di mata google. Soalnya pusing juga ngurusin google yang selalu update algoritmanya 😀
Minimal kita sudah mengetahui point-point di atas, maka kita bisa berjaga-jaga dalam era google pinguin ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *