Home » Blog » Software » Teknik Photoshop Sederhana Namun Sering Digunakan

Teknik Photoshop Sederhana Namun Sering Digunakan

Teknik Photoshop Sederhana

Teknik Photoshop Sederhana – Sudah lama saya tidak posting tentang Photoshop, karena bagi saya ilmu Photoshop ini adalah ilmu sambil jalan. Yang tanpa didalami juga masih tetap akan bisa digunakan. Jadi bisa ditebak, semalas apa saya memperdalam ilmu photoshop selama ini 😀

Lalu seiring kebutuhan akhirnya saya bertemu kesulitan-kesulitan, beberapa diantaranya sudah ditemukan solusinya namun saya sangat malas untuk mengingatnya, dan akhirnya seperti biasa sebagai Bookmark, saya mendokumentasikan Teknik Photoshop Sederhana namun sangat penting ini.

Rules Mengikuti Tutorial

Sebelum mengikuti tutorial ada baiknya kita menyepakati dua buah rules yang terjadi sehubungan dengan artikel yang ditulis, rules yang menyebalkan tersebut adalah:

  1. Seri photoshop
    Untuk diketahui bahwa dalam tutorial ini saya menggunakan Adobe Photoshop Seri CS3, mungkin bagi anda yang menggunakan seri photoshop yang lebih upgrade akan menemukan cara yang jauh lebih mudah daripada yang saya gunakan pada saat ini. Karena mungkin saja banyak fitur yang sudah diperbaharui dan metode diatas sudah dianggap Bugs bagi pihak pengembang Adobe Photoshop.
  2. Khusus Advance
    Mohon maaf, dengan tanpa berniat untuk tidak berbagi ilmu lebih banyak. Tutorial ini saya buat khusus untuk Advance. Advance disini maksud saya adalah, anda saya anggap sudah mengetahui letak, shortcut, atau fungsi dari fitur Adobe Photoshop yang sudah umum digunakan. Karena terlalu panjang jika saya jelaskan langkah-langkah pengerjaan dari A-Z secara detail.

Beberapa Teknik Photoshop Sederhana yang sering saya lupakan

Berikut ini terdapat beberapa teknik photoshop yang sangat simpel namun saring saya abaikan, karena merasa teknik ini sangat mudah untuk dilakukan. Padahal setiap kali saya bertemu kasus yang harus menggunakan teknik photoshop sederhana ini saya harus googling terlebih dahulu.

  • Membuat Bundaran Pada Setiap Sisi Kotak
    Ternyata ada cara tercepat dalam membuat bundaran pada sisi sebuah kotak, tanpa menggunakan Shapes tambahan yang di download dari luar.

    Untuk membuat Kotak dengan sisi yang tidak lancip (mem-bundar) biasanya saya menggunakan Fitur Pen Tool (Tekan P), lalu pilih Rounded Rectangle Tool. Nah untuk mendapatkan sisi bundar pada sudut kotak, anda tinggal merubah nilai Radius yang terdapat pada Option Bar Photoshop.

    Teknik Photoshop Sederhana 1

  • Melakukan Seleksi dengan Color Range
    Banyak cara untuk melakukan seleksi di Photoshop, namun tidak ada satupun dari cara-cara tersebut yang dapat mewakili semua kasus. Nah pada kasus tertentu, saya menemukan sebuah masalah yang jika diselesaikan dengan cara menyeleksi seperti biasanya, akan membutuhkan waktu yang sangat lama dan mempunyai tingkat kerapihan yang belum tentu terjamin. Karena mungkin objek seleksi terlalu kecil dan dalam jumlah yang sangat banyak. Solusinya adalah menggunakan Color Range. Silahkan setting sendiri nilai Fuziness yang ada di dalamnya.

    Teknik Photoshop Sederhana 2

  • Copy Layer Style
    Copy Layer Style kita gunakan apabila kita ingin melakukan editing menggunakan fitur Layer Style (saya menyebutnya Blending Options) berkali-kali dengan gaya desain yang sama persis.

    Misalkan saya ingin membuat bidang Kotak dengan gaya desain yang sama persis dengan Bidang Lingkaran yang telah saya buat sebelumnya. Di bidang Lingkaran sebelumnya, saya sudah memberi nilai pada Shadow dan Gradient sesuai keinginan saya. Lalu niat saya ingin membuat Kotak tersebut dengan gaya yang sama persis dengan Lingkaran sebelumnya. Maka saya melakukan Copy Layer Style dengan cara:

    Klik kanan pada Layer Lingkaran lalu pilih Copy Layer Style. Selanjutnya Klik kanan lagi pada Kotak yang akan kita desain dengan gaya yang sama pada lingkaran, Pilih Paste Layer Style. Maka Bidang Kotak tersebut mempunyai gaya desain yang sama persis dengan Lingkaran.

    Teknik Photoshop Sederhana 3

  • Shortcut Pada Grouping
    Untuk melakukan Grouping pada setiap layer yang ingin kita kategorikan, maka kita dapat melakukannya secara cepat tanpa menarik satu persatu layer yang akan kita kumpulkan yaitu dengan cara menekan ctrl+G jika menggunakan OS Windows
  • Cara Membuat Garis Lurus
    Dulu saya sempat bingung ketika di tes oleh seorang teman untuk cara membuat garis di Photoshop, dan sejak kejadian itu saya jadi selalu ingat cara untuk membuat garis di photoshop, yaitu dengan cara:

    Pilih Brush Tool pada Toolbox disamping kiri, lalu tekan Shift (jangan dilepaskan dulu) dan jalankan mouse kearah yang anda inginkan. Metode ini hanya berlaku untuk garis Vertikal dan Horizontal, tidak pada garis Diagonal (Miring).

  • Undo Berkali-kali
    Mungkin ini termasuk bugs pada Photoshop, namun untuk melakukan undo lebih dari satu kali, anda bisa melakukan nya dengan cara menekan: Ctrl+Alt (Jangan dilepaskan dulu) lalu tekan huruf Z. Namun jika ingin melakukan undo secara visual, anda bisa melakukan nya pada Fitur History yang biasanya terdapat pada Jendela Panel sebelah Kanan Aplikasi Adobe Photoshop.

Masih banyak Teknik lainnya

Sebenarnya masih banyak Teknik Photoshop Sederhana yang bisa saya sharing disini, namun karena bagi saya belum saatnya untuk mencatat lewat tulisan ini, maka untuk sekarang belum akan saya tulis. Mungkin kedepannya akan saya sambung tulisan serupa yang pastinya bicara soal Teknik Photoshop Sederhana yang paling sering kita temui disaat melakukan editing.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *