Home » Review » Apa itu Succession Planning ? Berikut Pengertian dan Manfaatnya

Apa itu Succession Planning ? Berikut Pengertian dan Manfaatnya

Succesion Planning

Succession Planning secara umum dapat diartikan sebagai proses mengidentifikasi dan mengembangkan bakat karyawan secara internal dalam perusahaan. Tujuan dari Succession Planning adalah membuat rencana penggantian beberapa posisi kepemimpinan yang strategis dalam bisnis perusahaan.

Meski terdengar sangat bagus dan mendukung kinerja perusahaan, namun nyatanya mengimplementasikan succession planning tidak mudah. Ada beberapa hal yang perlu dipahami tentang succession planning. Lalu, apa sebenarnya manfaatnya succession planning bagi perusahaan? Baca terus pemaparannya berikut ini.

MANFAAT SUCCESSION PLANNING

Cukup banyak manfaat succession planning. Bahkan, hampir sebagian besar perusahaan menerapkan succession planning untuk meminimalisir risiko yang terkait dengan kegagalan regenerasi posisi – posisi strategis di dalam perusahaan.

Konsep succession planning perusahaan bukanlah hal yang baru. Konsep ini telah mendapatkan perhatian banyak kalangan HR karena banyak keuntungannya. Manfaat ini sangat penting dalam lingkungan bisnis global. Berikut adalah manfaat succession planning untuk perusahaan.

1. Menyediakan Individu Cakap dan Mahir

Succession planning perusahaan yang efektif akan meningkatkan ketersediaan karyawan yang cakap dan siap mengambil peran untuk menggantikan posisi – posisi strategis jika dibutuhkan. Peran kepemimpinan dapat dengan mudah diisi ketika ada level C-suite yang sudah senior atau pensiun. Bahkan, ketika ada manajemen senior yang tiba – tiba mengundurkan diri secara tiba – tiba, posisinya dapat segera digantikan.

Oleh karena itu, proses succession planning sangat penting dan membutuhkan perencanaan jangka panjang. Tim HR harus merancang dengan sejumlah kandidat yang memenuhi persyaratan dan kriteria baik agar mampu segera mengisi kekosongan posisi yang dibutuhkan.

Baca Juga : 7 Indikator Penilaian Dalam Promosi Jabatan

2. Meminimalisir Risiko Akibat Kehilangan Kepemimpinan

Manfaat potensial dari succession planning bagi perusahaan adalah mengurangi risiko perusahaan akibat kehilangan pemimpin yang berpengalaman. Adanya succession planning yang efektif mampu mengurangi berbagai risiko yang muncul untuk rekrutmen kandidat dari luar perusahaan yang memenuhi syarat dalam posisi tertentu.

Sebagai contoh, ketika Manager yang berpengalaman tiba – tiba mengundurkan diri karena sakit atau meninggal dunia, succession planning sudah merancang risiko ini dengan menyediakan kandidat yang tepat dari internal perusahaan. Jadi, perusahaan tidak akan kelabakan atau tergesa – gesa dalam mencari pengganti melalui proses rekrutmen yang panjang dan membutuhkan banyak biaya.

3. Efisiensi Biaya Rekrutmen

Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas, penggunaan waktu dan sumber daya keuangan untuk mencari calon kandidat baru biasanya cukup besar. Terutama untuk menyediakan posisi manajemen senior, tim HR harus membayar cukup mahal dengan fasilitas dan sarana yang eksklusif.

Dalam situasi perubahan personel yang secara mendadak atau tiba – tiba, manfaat succession planning menjadi sangat jelas. Akan ada lebih sedikit waktu dan efisiensi biaya pengeluaran keuangan untuk rekrutmen dan pengembangan calon pemimpin baru. Karena, kandidat yang akan menggantikan posisi kepemimpinan, sudah disediakan dari kalangan internal perusahaan yang telah memenuhi syarat dan terlatih.

4. Divisi HR Dapat Menetapkan Prosedur Formal

Salah satu manfaat lain dari succession planning adalah kemampuan divisi HR untuk menetapkan prosedur formal dalam pemilihan top manajemen atau pemimpin senior perusahaan. Tindakan ini akan meminimalisir risiko pilihan secara acak atau terburu – buru.

Sekalipun, perusahaan sering tidak puas dengan cara penerapannya, perusahaan tidak akan bisa beroperasi dengan sukses tanpa succession planning yang dirancang dengan baik.

**

LinovHR menawarkan solusi bagi perusahaan untuk mengimplementasikan succession planning sesuai manajemen bakat dan kriteria kandidat yang terpilih. Melalui salah satu Modul yang ada di dalam Software HR LinovHR yaitu Modul Succession management.

Dengan Modul ini akan membantu Divisi Human Resource mengelola hal-hal yang berkaitan dengan perencanaan suksesi di dalam perusahaan, sehingga posisi-posisi strategis atau penting yang akan segera kosong telah memiliki calon karyawan potensial yang akan menduduki posisi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *