silaturahmi musisi singkawang

Silaturahmi Musisi Singkawang Ke XI (Sebelas)

Silaturahmi Musisi Singkawang atau yang biasa disingkat SMS adalah ajang berkumpulnya (sekalian reuni) para penggemar musik dan seni se-kota singkawang dan sekitarnya, biasanya diadakan satu minggu setelah hari raya Idul Fitri. Pada tahun ini (2018) event Silaturahmi Musisi Singkawang masuk pada tahun Ke XI (11/Sebelas). Pada tahun ini Event diadakan pada tanggal 21 juni 2018, tepatnya satu minggu setelah lebaran idul fitri.

acara sms musisi singkawang

Acara Pembukaan Event Silaturahmi Musisi Singkawang

Acara dibuka dengan berbagai macam pertunjukan, mulai dari pencak silat hingga pertunjukan gitar khas dayak yaitu sape’. Lalu kata sambutan dari ketua event SMS, kapolres, dan Wakil Walikota Singkawang bang Irwan. Dalam pidatonya beliau berkata:

..sudah bukan saatnya lagi kita (musisi singkawang) mengemis kepada pemerintah, namun pemerintah-lah yang sudah harus memfasilitasi event musik singkawang, karena itu memang ciri dari kota singkawang. Dan event musik ini sangat mendukung untuk pariwisata kota singkawang, maka harus kita fasilitasi dan kita jaga.

Pidato ditutup dengan Yel-yel yang hampir mirip dengan visi kota singkawang yaitu singkawang hebat: MUSISI SINGKAWANG….HEBAT!! (dijawab serentak oleh semua yang hadir di acara tersebut).

rundown acara silaturahmi musisi singkawang

Hal Spesial dari Acara SMS kali ini

Terdapat beberapa perbedaan dan hal yang menarik dari tahun-tahun sebelumnya.

  1. Acara SMS kali ini mulai diadakan lagi di Lapangan Terbuka
  2. Pertunjukan spesial lainnya yaitu memainkan musik Ansambel (bermain musik secara bersama-sama dengan menggunakan beberapa alat musik tertentu serta memainkan lagu-lagu dengan aransemen sederhana.)
  3. Dan acara ini dihadiri serta didukung oleh kepala daerah

Penutup

Semoga event tahunan ini bukan hanya sekedar event satu kali setahun saja, namun menjadi event yang sering diadakan dalam satu tahun. Lalu event berlanjut kepada kegiatan musikalitas yang lebih terorganisir sehingga menjadi branding musik kalbar dan nasional, serta mendukung kepariwisataan khususnya untuk pariwisata kota singkawang. Karena ketika berkunjung ke kalbar, wisatawan pasti akan ke singkawang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *