Home » Blog » Website » Asal Usul/Awal mula/Sejarah Blogger Pertama Kali

Sejarah Blogger Pertama Kali, Para Blogger Wajib Tahu

Sejarah Blogger pertama kali yang tidak banyak orang ketahui secara mendalam akan saya kupas tuntas pada tulisan berikut ini. Karena saya cek ternyata masih belum ada yang membahas hal ini. Yang ada hanya kulit luarnya saja.

Mereka hanya membahas Blogspot dibuat oleh Pyra Labs, tahun sekian dan perkembangannya hingga hari ini. Namun mereka tidak tahu bagaimana sisi kelam perjalanan Startup yang satu ini.

Jatuh bangun, terseok-seok, hampir bangkrut, hingga kepopuleran mereka yang dicapai dalam waktu yang sangat singkat.

Selamat menikmati tulisan pertama kali di Indonesia, Sejarah Blogger Pertama Kali.

Awal Mula Sejarah Blogger Pertama Kali nya hingga Hari ini

Blogspot adalah platform blogging tertua yang masih aktif berjalan di web.

Google Blogger telah menjadi rumah bagi jutaan para blogger selama lebih dari 16 tahun sekarang, dan masih mempertahankan pangsa pasar yang cukup stabil dalam daftar platform manajemen konten.

Dari semua situs web yang dikenal yang menjalankan sistem manajemen konten, Blogger digunakan oleh 1,9% dari situs web tersebut. Yang digunakan pada 0,9% dari semua situs web yang dikenal, terima kasih W3Techs.

Beberapa tetap dengan Blogger karena merupakan produk Google, dan Anda dapat mengharapkan keamanan dan standar kualitas yang tinggi. Yang lain menikmati navigasi blog yang mudah dinavigasi untuk mengeluarkan konten dengan cepat dan tanpa rasa sakit.

Namun taukah kamu dibalik keberhasilan ini, ternyata banyak sekali masalah yang dilanda Blogspot pada awalnya.

Awal Mula Sejarah

Evan Williams mendirikan Pyra pada Januari 1999 dengan Meg Hourihan.

Perusahaan, yang berbasis di San Francisco, didukung oleh tiga investor “malaikat” dan dua perusahaan penerbitan: O’Reilly and Associates dan Condé Naste.

Awal mula beroperasi di basement yang sangat dalam/jauh di Kota San Fransisco. Pada saat itu perusahaan dibantu oleh Paul Bausch sebagai Programmer.

Awalnya bernama Pyra, yang merupakan aplikasi web dengan layanan:

  • Manajemen Proyek
  • Kontak kepada klien, dan
  • To do List.

Nah dari situlah, berbekal source code yang ada, akhirnya mereka menciptakan platform blogger yang kita kenal hingga saat ini.

Seiring berjalan nya waktu, perusahaan mengubah nama produk layanannya. Yang awalnya bernama Pyra menjadi Blogger dan dibuka untuk layanan umum, peristiwa itu terjadi pada tanggal 23 Agustus 1999.

Programmer yang sangat berperan dalam project ini yaitu:

Paul Bausch dan Matthew Haughey, merekalah yang melakukan pengkodeaan (koding) sebagian besar dari project ini.

Blogger Menjadi Trend yang sangat Populer

Sejak dibuka menjadi layanan gratis, Blogger pun menjadi layanan yang sangat populer pada saat itu.

Para penggunanya menjadikan Blogger sebagai tempat untuk menerbitkan/publikasi via internet untuk konten yang bersifat pribadi, istilahnya Diary kalo di kita ya.

Lonjakan yang sangat fantastis terjadi ketika majalah Wired dan New Yorker mempublikasikan Blogger pada saat itu.

Tidak tanggung-tanggung, yang pada awalnya jumlah pengguna Platform Blogger/Blogspot berjumlah 21.000 orang meningkat tajam menjadi 86.000 orang hanya dalam dua bulan saja.

Masalah Keuangan Blogger

Akibat lonjakan yang sangat drastis ditambah pula Blogger adalah layanan gratis, perusahaan yang berusia baru dua tahun ini sangat membutuhkan uang.

Karena mereka belum menghasilkan banyak uang, apalagi untung.

Disaat yang sama juga terjadi masalah internal dalam perusahaan yaitu keterlambatan pembayaran kepada karyawan blogger. Berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan mereka bekerja tanpa dibayar oleh perusahaan yang mulai terseok-seok pada waktu itu.

Akhirnya para karyawan melakukan mogok kerja secara massal, dan perusahaan tidak bisa berbuat apa-apa. Tanpa putus asa dan Down, William pun tetap melanjutkan perusahaan ini, seorang diri!

Cerita dikutip dari: Pyra Labs, dan diterjemahkan kembali dalam bahasa Indonesia sehari-hari oleh Arminisme

Blogger Mendapatkan Dana Tambahan

Akhirnya pada tahun 2001 perusahaan Pyra Labs membutuhkan dana tambahan untuk menambah daya server.

Karena setiap hari Pengguna Blogger masuk ke server Pyra untuk posting artikel, membuat, dan mengedit tampilan beranda mereka, dan lain sebagainya.

Dan itu membuat kinerja server menjadi sangat lambat.

Pada tahun yang sama, terjadi penurunan di pasar saham, banyak para investor menolak untuk membiayai mereka. “Rasanya mustahil untuk bisa mendapatkan uang dari investor di iklim saat ini,” kata Evan Williams.

Pyra tidak mau menggunakan layanan iklan sebagaimana yang dilakukan oleh Wikipedia, Facebook, dan WhatsApp pada awal perjalanannya. Namun Pyra mencoba untuk meminta kontribusi kepada anggotanya (pengguna blogspot). Pyra hanya meminta $5 dan $10 saja pada waktu itu.

Namun dalam waktu beberapa jam saja dana sudah terkumpul sebesar $3.200

Bahkan pesaingnya sendiri (Dave Winer) pada saat itu dengan ikhlas menyumbang sekitar $25 yang dikeluarkan dari kantongnya sendiri.

“The response has been amazing,” ucap Williams.

“Saya suka orang-orang di belakang Blogger,
mereka telah melakukan banyak hal untuk membantu saya,
saya tidak punya masalah membayar mereka untuk itu..”

Anil Dash

Dikutip dari : Dot-Com Begs for Bucks

Akhirnya pada tahun 2003, Pyra resmi di akuisisi oleh Google, dan William melanjutkan bekerja disana masih didalam lingkungan Blogspot/Blogger.com

KESIMPULAN

Sebenarnya lika-liku perjalanan bloggger ini cukup panjang, namun saya hanya membahas bagian terpentingnya saja.

Karena tujuan saya hanya ingin agar para Blogger Indonesia nebgetahui lebih dalam tentang Awal Mula/Asal Usul/ Sejarah Blogger Pertama Kali nya.

Bagaimanapun juga mereka adalah pencipta revolusi baru. Mengapa?

Sadarkah anda bahwa pada awalnya Blogger hanyalah nama Layanan/Servis dari Pyra Labs yang saat ini menjadi Life Style (Gaya Hidup) masyarakat diseluruh Dunia.

Bahkan perusahaan setenar Apple aja belum mempunyai Life Style Apple, ya kan !?

Seperti biasa, pada akhir posting saya pasti menempelkan sebuah video untuk para pembaca blog Armininsme ini. Ya karena saya tipe pembelajar Audio Visual yang sangat akut 😀

Berikut adalah Video saksi sejarah perusahaan Blogger (Pyra) pertama kalinya, di unduh dari kanal TV Alzamon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *