Home » Blog » Singkawang » 8 Nama Jalan Utama Di Kota Singkawang

8 Nama Jalan Utama Di Kota Singkawang

Nama Jalan Di Kota Singkawang

Nama jalan di kota singkawang jumlahnya sangatlah banyak, walaupun kota ini belum termasuk kota yang besar, namun luas wilayah sesuai dengan jumlah penduduk yang menghuninya. Bahkan untuk beberapa tempat, nama jalan di kota singkawang dulunya hanyalah merupakan sebuah gang kecil.

Berikut Nama Jalan Di Kota Singkawang beserta Penjelasannya

  1. Jalan Alianyang
    Jalan Alianyang saya jadikan jalan pertama kali dalam list saya karena jalan ini dulunya merupakan jalan utama yang menghubungkan antara kota yang satu dengan yang lainnya di jalur Utara Kota Singkawang. Namun kedepannya jalan lintas kota akan digantikan oleh Jalan Tani, walaupun sekarang masih dalam tahap penyesuaian. Jalan Alianyang Singkawang membentang dari Gapura Selamat Datang Singkawang hingga Simpang Tudung Saji (Tugu KB).Di jalan ini banyak terdapat perkantoran dan tempat aktivitas perekonomian rakyat.
  2. Jalan Tani
    Walaupun pada saat artikel ini ditulis, jalan tani masih belum lebar dan masih banyak beberapa ruas jalan yang rusak, namun pada saat ini sudah banyak kendaraan angkutan berat seperti Truk melewati jalan ini, karena jalan ini masih terbilang sepi dan jumlah penduduk yang bermukim tidak sebanyak jalan Alianyang.Jalan Tani terbentang dari Tugu 1001 AI (Bundaran Selamat Datang) hingga jalan Kuala (Yos Sudarso). Jika diluruskan, jalan ini akan tembus ke Jalan terminal induk dan menuju jalan keluar kota singkawang yaitu menuju kota-kota di Kabupaten Sambas.
  3. Jalan Diponegoro
    Jalan Diponegoro Singkawang merupakan jalan jantung kota di Kota Singkawang. Bagaimana Tidak, jalan ini merupakan jalan yang paling sering di hiasi ketika terdapat event-event besar.Secara Geografis, Jalan Diponegoro terletak di tengah kota singkawang. Jalan ini adalah jalan terdekat menuju tempat-tempat tujuan utama di kota singkawang, seperti: Kantor Walikota, Pusat Pertokoan, Gereja Katholik yang melegenda, dan pusat aktivitas warga yang lainnya.

    Pada awal tahun 2000an, di jalan ini pernah terjadi fenomena dimana setiap malam minggu anak muda singkawang wajib berkeliling di jalan ini, karena pada saat itu jalan diponegoro satu-satunya jalan yang dilengkapi dengan trotoar, lampu-lampu hias, dan cafe-cafe tempat para pemuda berkumpul bersama teman-temannya.

  4. Jalan Yos Sudarso
    Jalan Yos Sudarso termasuk salah satu jalan yang sangat panjang di kota singkawang. Jalan ini membentang dari Masjid Raya Singkawang hingga Kelurahan Kuala yang mendekati bibir pantai di kota singkawang.

    Dulunya jalan ini hanyalah jalan lintasan biasa, dan bisa dibilang jalan yang sepi. Namun beberapa tahun ke belakang, jalan ini sudah sangat ramai karena di ruas jalannya banyak sekali terdapat sentra kuliner dan pertokoan.

  5. Jalan Jenderal Sudirman
    Jalan jenderal Sudirman dikenal sebagai jalan menuju Wilayah Roban. Roban merupakan nama salah satu kelurahan di Kecamatan Singkawang Tengah. Jalan ini merupakan salah satu jalan yang juga ramai dilewati warga karena Kelurahan Roban adalah salah satu kelurahan yang juga padat jumlah penduduknya.Selain kepadatan penduduk, di jalan ini juga banyak terdapat sentra perdagangan. Mulai dari ruko kecil hingga yang besar dan di pusat kelurahan terdapat Simpang Empat dimana pada sisi-sinya banyak sekali ruko yang berdiri. Tak heran jalan ini merupakan jalan yang cukup padat pada pagi dan sore harinya.
  6. Jalan Bambang Ismoyo
    Jalan Bambang Ismoyo dikenal dengan jalan Kampung Jawa. Kampung Jawa merupakan sebuah kelurahan yang sebenarnya tidak terdapat kata Kampung di depannya. Jalan ini masih tergolong sepi, tidak seramai jalan jenderal soedirman karena disini tidak banyak terdapat instansi pemerintahan dan ruko-ruko yang dibangun.Namun pada siang dan pagi hari, jalan bambang ismoyo sangatlah padat karena di jalan ini terdapat tiga sekolah yang cukup dikenal di kota singkawang, yaitu: SMK Negeri 2 Singkawang, SDN 17 Singkawang Tengah, SMP Negeri 4 Singkawang. Belum lagi arus lalu lintas siswa yang datang dari SDN 8 Singkawang Tengah dan Pesantren Ushuluddin di Jalan Alianyang.
  7. Jalan Kridasana
    Jalan Kridasana merupakan salah satu jalan yang terpanjang di kota singkawang. Jalan ini di mulai dari Simpang Tiga Kantor Polantas Lama di Jl. GM.Situt dan berakhir di persimpangan jalan sijangkung. Jalan ini merupakan jalan utama menuju Kecamatan Singkawang Selatan.Jalan ini masih tergolong alami, karena masih belum banyak pemukiman penduduk di pinggirannya. Disini juga anda masih bisa melihat pemandangan alam yang masih hijau dengan latar belakang Gunung Pasi yang menjulang tinggi.
  8. Jalan Ratu Sepudak
    Yang terakhir adalah Jalan Ratu Sepudak. Ratu sepudak merupakan nama salah satu Pahlawan Asal Kerajaan Sambas pada zaman dahulu kala. Jalan ini merupakan jalan utama menuju kabupaten Sambas, dimana lebih dari setengah jalan ini masuk ke dalam kecamatan Singkawang Utara.Jalan ini terletak di persimpangan antara jalan alianyang dan jalan bambang ismoyo, dan admin masih belum mengetahui secara jelas dimana berakhirnya jalan ratu sepudak ini dikarenakan sumber informasi yang diterima admin masih kurang memadai.

Penutup

Nama jalan diatas saya rangkum berdasarkan panjang jalan yang saya lihat di peta, walaupun masih banyak jalan utama lainnya yang sering dilewati oleh masyarakat kota singkawang. Seperti jalan Nusantara, Jalan Pembangunan, Jalan Kalimantan, Jalan RA Kartini, Jalan Pramuka, Jalan Veteran, Jalan Firdaus, dan masih banyak lagi. Namun informasi nama jalan kota singkawang diatas cukup mewakili bagi anda yang ingin mengetahui lebih jelas tentang kondisi jalan utama di kota Singkawang.

Baca: Mengenal Brand dan Logo Pasti Ke Singkawang

Dan mungkin suatu saat saya akan menulis ulasan jalan-jalan utama lainnya yang ada di Kota Singkawang secara lengkap 🙂

Dibawah ini merupakan peta Kota Singkawang yang saya sematkan dari Google Maps

Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *