Home » Website » 3 Metode Koneksi PHP ke Database MySql

3 Metode Koneksi PHP ke Database MySql

Metode/cara menghubungkan skrip PHP ke Database MySql biasanya dilakukan dengan salah satu dari cara ini. Bagi yang mengikuti perkembangan versi PHP pasti tau mana yang terbaru dan terbaik untuk dipakai pada saat ini. Untuk pembuatan database di Hosting sudah saya bahas pada artikel Cara Pindah WordPress dari Localhost ke Hosting. Silahkan baca kembali jika ingin praktekkan.

Penjelasan 3 Metode Koneksi yang digunakan

Terdapat 3 metode koneksi yang biasa digunakan pada saat ini, yaitu:

18:26 15 days, 18 hours and 26 minutes.

Metode menghubungkan Skrip PHP ke MySql

  • MySql Connect

    Ini yang saya sebut MySql klasik, karena sudah lebih dulu digunakan. kekurangan dari metode ini yaitu dari Segi Keamanan yang sangat riskan. Serta efisiensi penggunaan ekstensi yang kurang efektif. Metode ini terlalu banyak menggunakan ekstensi yang sebenarnya hanya mempunyai satu tujuan saja. Pada metode ini kita akan menggunakan:
    mysql_connect,
    mysql_query,
    mysql_fetch_array

  • MySqli

    Dari segala kekurangan yang ada, akhirnya MySql dikembangkan menjadi MySqli, ditambah huruf “i” yaitu improvements. Atau lebih lengkapnya yaitu: MySQL Improved Extension. Sebaiknya mulai sekarang kita menggunakan Mysqli karena MySql pada saat ini sudah berstatus Deprecated, yaitu dihapuskan pada versi php 5.6.0 dan tidak akan disupport lagi oleh PHP di pengembangan php selanjutnya.

  • PDO

    Saat ini php juga sudah merelease wrapper mysqli tersebut dengan library yang disebut dengan PDO. Selain keamanan yang mumpuni, satu hal yang paling saya suka dari PDO ini, yaitu: Easy Bridging. yaitu kemudahan dalam melakukan bridging antar database yang berbeda.

    Contoh:
    Kementerian Kesehatan ( Menggunakan SQLserver )
    Rumah Sakit Vertikal ( Menggunakan SQLite )
    Rumah Sakit Daerah ( Menggunakan MariaDB )

    Sangat mudah menghubungkan ketiganya dengan PDO !!

Deklarasi Metode MySql Connect, MySqli, dan PDO

Yang ini saya menyebutnya metode MySql Klasik atau Prosedural, karena pada awalnya banyak yang menggunakan cara seperti di bawah ini:

1. MySql Connect

<?php
   $hostname  = "localhost";
   $username  = "root";
   $password  = "";
   $dbname  = "latihan";
   $db = mysql_connect($hostname, $username, $password) or die ('Koneksi Gagal! ');
   mysql_select_db($dbname);
?>

2. MySqli

<?php
   $hostname  = "localhost";
   $username  = "root";
   $password  = "";
   $dbname  = "latihan";
   $db = new mysqli($hostname, $username, $password, $dbname);
?>

3. PDO

<?php
   $hostname  = "localhost";
   $username  = "root";
   $password  = "";
   $dbname  = "latihan";
   $db = new PDO('mysql:dbname='.$dbname.'; host='.$hostname, $username, $password);
?>

Penutup

Anda bebas menentukan pilihan untuk menggunakan jenis koneksi yang mana saja, namun saran saya jika untuk sekedar mengenal atau melancarkan ilmu programming dan query anda sebaiknya gunakan metode koneksi MySql Connect. Begitu juga kepada MySqli, karena sampai saat ini masih banyak yang menggunakan nya sebagai metode koneksi aplikasi andoid ke MySql.

Namun jika anda ingin membangun aplikasi yang kompleks, baik untuk perusahaan, instansi, dsb. Saran saya mulai saat ini gunakan metode PDO.

Bagi yang sukak yutuban, ini bisa instant, langsung saja ditonton. Apalagi kalo faham bahasa inggris, tambah instant deh pemahamannya. Video ini sekalian mengakhiri artikel Metode Koneksi PHP ke database MySql. Trims 🙂

Video Metode Koneksi Database MySql & Bahasa Pemrograman PHP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *