Menyusuri Seluk Beluk Gmail Tampilan Baru

Gmail hari ini resmi berganti tampilan baru setelah malam kemarin saya menghabiskan waktu hingga sahur untuk menyelami tampilan baru dari email Yahoo. Sebenarnya Gmail telah mengumumkan hal ini pada 29 April 2018 di Blog Resmi Gmail dengan Tagline: Stay composed: here’s a quick rundown of the new Gmail.

Gmail tampilan baru ini lebih mengedepankan kepada efektivitas kerja yang sudah tidak seperti sebelumnya disaat kita berada di halaman Gmail. Seperti pada halaman publikasinya diatas yang menampilkan slogan Do more without leaving your inbox sebagai pembuka tulisan.

7 Fitur Keren Pada Gmail Tampilan Baru

Begitu saya membuka email, seketika muncul Popup yang memberitahukan bahwa Email Gmail sekarang sudah merubah tampilan menjadi baru (upgrade).

Gmail Tampilan Baru 0

Lalu kita diarahkan untuk memilih 3 jenis tampilan pada baris kotak masuk, apakah longgar, rapat, atau bawaan (default).

Gmail Tampilan Baru 1

Karena saya ingin tau banyak tentang perubahannya, maka saya mencari sumber terkait dan masuk ke halaman Support nya yang berjudul Learn what’s new in Gmail. Berikut 7 pembaruan yang ada di Gmail tampilan baru:

  1. Atur email dari kotak masuk Anda
    Kita dapat melakukan tindakan secara cepat tanpa harus membuka email tersebut, ketika email tersebut di sorot. Tindakan cepat tersebut berupa 4 buah fitur yang tidak asing bagi kita yaitu:

    • Archive
    • Delete
    • Mark as unread or read
    • Snooze

    Namun pada fitur yang terakhir Snooze itu adalah fitur terbaru dari gmail tampilan baru ini.

  2. Tunda email sampai nanti
    Fitur Snooze tersebut yaitu fitur untuk melakukan penundaan email yang akan kita kirim ke tanggal atau waktu mendatang yang kita inginkan
  3. Gunakan balasan & tindak lanjut yang disarankan
    Balasan Cerdas yaitu fitur Balas email dengan cepat menggunakan frasa yang akan muncul berdasarkan pesan yang Anda terima. Fitur ini menurut saya sangat keren.
  4. Sesuaikan tampilan kotak masuk Anda
    Nah kalau yang ini sudah kita lakukan dari awal masuk pada jendela Popup. Untuk mengubah tampilan ke pilihan yang lain kita tinggal ubah pada ikon Setelan/Setting yang berbentuk Gear pada sisi kanan atas kota masuk email
  5. Tampilkan atau sembunyikan menu
    Untuk yang satu ini adalah perubahan yang benar-benar membedakan antara gmail tampilan yang lama dengan yang baru, yaitu tampilan Tersenbunyi atau Terlihat (Expand or shrink). Dengan menyembunyikan menu yang ada, maka tampilan inbox terasa lebih luas.
  6. Lihat Kalender, Tugas, Keep & Pengaya (Add-on)
    Sekarang kita dapat menggunakan fitur-fitur tersebut di dalam inbox gmail. Benar-benar kaya fitur.
    Fitur-fitur tersebut yaitu:

    • Kalender: Lihat jadwal harian Anda, klik acara untuk mengeditnya, buat acara baru, dan lompat ke acara mendatang.
    • Google Keep : Buat Checklists (daftar periksa) dan catatan.
    • Tugas (Tasks): Tambahkan hal-hal yang akan dilakukan (to-do) beserta Deadline (batas akhir) nya.
    • Pengaya (Add-on): Dapatkan alat Gmail tambahan untuk membantu mengelola email Anda.
  7. Kirim email & lampiran secara rahasia
    Ini yang ditunggu-tunggu, dan masih belum ada di perusahaan penyedia Email yang lain yaitu: Perlindungan terhadap email dan kiriman lampiran (attachments) yang bersifat sensitif atau rahasia.
    Dengan mengaktifkan Confidential mode (mode Rahasia), maka pesan maupun dokumen/lampiran yang bersifat rahasia tersebut dapat kita atur:

    • tanggal kedaluwarsanya
    • Pesan menggunakan kode sandi sebelum dapat di akses
    • Cegah orang lain untuk melakukan forwarding, downloading, copying, and pasting

Trus apa lagi?

Sekarang kita dapat mengakses email secara langsung dari halaman khusus email yang ada di Browser, silahkan klik https://inbox.google.com maka anda akan di arahkan ke halaman tersebut.
Gmail Tampilan Baru 2
Seperti ini tampilannya:
Gmail Tampilan Baru 3

Mungkin cukup segitu dulu informasi yang saya tulis tentang gmail tampilan baru ini. Dan saya yakin kedepannya akan terus ada perubahan. Dan sudah pasti Gmail ingin perubahan-perubahan tersebut membuat kita lebih nyaman dalam menggunakan layanannya. Berikut video tentang perubahan pada gmail tampilan baru yang dipublikasi langsung oleh akun resmi google di Youtube.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *