Darimana Memulai untuk menjadi Developer Web

menjadi developer web

Menjadi Developer Web – Untuk menjadi seorang developer web (pengembang/programmer web) adalah sesuatu yang mudah jika kamu mempunyai niat untuk bergelut didalam dunia teknologi informasi. Namun banyak orang yang bingung harus darimana untuk memulainya? banyak sekali artikel rekomendasi untuk menyarankan itu dan ini untuk menjadi seorang developer web.

Mari Mulai Menjadi Developer Web

Pada suatu hari saya melihat sebuah postingan yang bagus sekali dari akun sosmed seorang programmer yaitu Anthony Dourish. Beliau membeberkan sebuah roadmap untuk menjadi seorang developer web mulai dari A – Z. Jadi bagi anda yang masih bingung bagaimana dan dari mana saya memulai untuk menjadi seorang developer web, silahkan lihat roadmap developer web dibawah ini:

Pertama kali, tentukan pilihan anda apakah anda ingin menjadi FRONT atau BACK END DEVELOPER:

Menjadi Developer Web

Setelah itu lanjutkan pilihan anda untuk mempelajari satu-persatu bahasa pemrograman sesuai alurnya.

Menjadi Developer Web FRONT END

Menjadi Developer Web BACK END

Menjadi Developer Web DEV OPS

Mempelajari satu persatu bahasa pemrograman yang telah direkomendasikan diatas bukanlah hal yang mustahil jika anda mengikuti alurnya. Karena alur bahasa pemrograman tersebut makin kebawah merupakan pengembangan selanjutnya dari bahasa pemrograman awal. Jadi jangan salah, ikuti alurnya satu persatu sesuai urutan bahasa yang ingin anda pelajari.

Menjadi Seorang Developer Web yang Handal

Untuk menjadi seorang ahli bukankah kita harus belajar dari seorang ahli? Percayalah terhadap apa yang sudah di analisa pada roadmap web developer diatas, karena mereka sudah menelitinya. Untuk mendapatkan roadmap menjadi web developer secara update, anda bisa mengikuti akun Github Kamran Ahmed pada link Roadmap Githubnya di:

https://github.com/kamranahmedse/developer-roadmap

Semoga anda menjadi Developer Web yang berguna bagi negara ini. Merdeka!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *