Mengenal teknologi NFS (Near Field Communication)

mengenal nfc

Bagi yang bertanya dan ingin tau lebih jauh tentang teknologi (NFC) Near Field Communication, pada artikel ini akan saya sharing kan informasi nya secara sekilas tapi setidaknya lebih mudah untuk di pahami.

Near Field Communication ( Komunikasi Jarak Dekat ) atau yang biasa di singkat NFC adalah teknologi Nirkabel jarak dekat antar alat tertentu, sehingga kita dapat melakukan pertukaran atau transaksi data.
Jarak komunikasinya biasa nya hanya beberapa sentimeter. Kenapa jaraknya cuma beberapa sentimeter saja? jawabannya ada pada akhir postingan ini.

Teknologi Near Field Communication ini digagas oleh Nokia dan operator telekomunikasi asal Eropa dan Asia meliputi KPN, Maxis Communications Bhd, O2, Orange, SingTel, SKT dan Wind serta 14 operator mobile lainnya.
Bahkan perusahaan sekelas MasterCard juga ikut terlibat dalam proyek ini. Pengembangan wireless chip NFC pada ponsel juga ikut melibatkan China Mobile, Vodafone, Cingular milik AT&T Inc, BellSouth Corp serta Telefonica bersama dengan produsen chip NXP serta Sony yang jadi pionir contactless chip.

Fungsi/Kegunaan NFC (Near Field Communication)

Pada saat ini teknologi NFC banyak di gunakan oleh para pengguna smartphone dan tablet di Amerika Serikat untuk melakukan transaksi pembayaran, karena sudah banyak sekali perusahaan smartphone atau tablet yang menanamkan chip NFS ini ke dalam gadget nya.

Yang penting para konsumen sudah memiliki informasi kartu kreditnya, maka teknologi NFS yang sudah tertanam di gadget nya akan bisa di gunakan sebagai alat pembayaran. Pengguna tinggal melambaikan handphonenya dekat alat pembaca tersebut, misalkan di dekat alat pembayaran kasir ritel. Hal ini tentunya lebih memudahkan dan efisien di banding kita menggunakan kartu kredit yang sebenarnya. Aapakah NFC ini aman ? tenang saja, pengembang sudah mengembangkan NFC secure, tapi untuk security NFC ini silahkan di pelajari lagi karena pengembang baru mengembangkan untuk beberapa wilayah tertentu saja.

Near Field Communication Adalah

Selain itu juga teknologi NFS biasa di gunakan untuk berbagi kontak, foto, lagu, aplikasi, atau video. Dan juga untuk fasilitas pelayanan publik lainnya seperti pada bidang transportasi (sebagai pembayaran tiket), untuk kunci kamar hotel, kunci mobil, dan masih banyak lagi.

Mengutip dari sebuah studi yang dilakukan oleh ABI Research yang mengatakan bahwa:

Pada tahun 2007, tingkat penggunaan teknologi NFC terdapat pada perangkat elektronik seperti mobile handset, PC, kamera, printer.
Untuk saat ini dan di masa yang akan datang, perangkat NFC akan lebih kompatibel dan dekat dengan kehidupan manusia, seperti munculnya ponsel khususnya smartphone yang memiliki teknologi NFC didalamnya.
Bisa digunakan untuk melakukan registrasi tunai, pembayaran di tempat umum atau pusat perbelanjaan, bisa menjadi mesin kas, membantu pembayaran di sarana transportasi seperti halte bus dan tempat menarik lainnya, bisa terhubung dengan sebuah poster yang juga memiliki teknologi NFC, bisa menjadi mesin penjual dan meter parkir, sebagai entri sistem dan pembuka pintu.

Sebagai informasi: Bagi anda pengguna Android dan Blackberry type terbaru pada saat ini juga sudah bisa menggunakannya, karena chip NFS ini sudah di tanamkan oleh pengembang dari dua perusahaan smartphone tersebut.

Perbedaan antara NFS dan BlueTooth

Bagi anda yang masih asing dengan teknologi ini, mungkin anda akan bertanya-tanya, apa perbedaan NFS dan BlueTooth ? karena keduanya merupakan teknologi komunikasi jarak pendek yang terintegrasi di dalam sebuah ponsel.

1. Set up NFC lebih cepat di bandingkan dengan set up pada bluetooth standard, tetapi tidak lebih cepat dari Bluetooth yang memiliki energi rendah.
Jika pada BlueTooth kita perlu melakukan konfigurasi seperti pencarian (identifikasi) perangkat bluetooth lainnya, maka di NFS tidak perlu karena NFS akan otomatis mendeteksi yang ada di dekatnya, asalkan alat tersebut sudah terinstall chip NFS.

2. Jangkauan jarak NFC lebih Dekat
Menurut beberapa sumber, jangkauan NFS di buat lebih dekat daripada Bluetooth dikarenakan untuk menghindari kemungkinan adanya intersepsi yang tidak diinginkan dari perangkat yang terhubung lainnya. Tidak seperti bluetooth yang bisa mendeteksi semua bluetooth yang sedang aktif selama masih dalam jangkauan bluetooth itu sendiri.

Nah dari panjang lebar tentang pengenalan, sejarah, maupun fungsi NFC (Near Field Communication) di atas saya rasa sudah jelas bahwa teknologi informasi akan terus berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *