Mari Bicara Tentang Nama

Nama dalam pengertian Nama untuk Seseorang merupakan suatu sebutan kepada orang per-orang agar mudah membedakan dan mengenali orang yang di maksud. Begitu juga dengan benda-benda lainnya, yang masing-masing memiliki Nama agar tidak tertukar terhadap benda lainnya dan langsung menunjuk kepada benda yang dituju.

Setiap benda baik itu yang berwujud maupun tidak berwujud sebagian besar sudah di beri nama oleh sang penemu nya. Namun tidak semua benda di dunia ini mempunyai nama yang sama. Karena setiap wilayah di dunia ini tidak pernah menyepakati nama benda tersebut dengan satu penyebutan nama saja. Namun jika ada yang mempunyai hanya satu nama, biasanya benda tersebut adalah ciptaan manusia, baik itu per-orang maupun kelompok. Dalam dunia bisnis, penyebutan ini di istilahkan dengan Brand.

Bicara tentang Nama, ini adalah materi yang sangat luas untuk kita bicarakan. Dan jika tidak dibatasi, maka pikiran kita akan kemana-mana. Untuk hal yang satu ini, silahkan anda baca saja di halaman wikipedia yang mengutip tentang pengertian nama

Nama adalah sebutan atau label yang diberikan kepada benda, manusia, tempat, produk (misalnya merek produk) dan bahkan gagasan atau konsep, yang biasanya digunakan untuk membedakan satu sama lain. Nama dapat dipakai untuk mengenali sekelompok atau hanya sebuah benda dalam konteks yang unik mapun yang diberikan.

https://id.wikipedia.org/wiki/Nama

Apalah Arti Sebuah Nama

Namun saya kurang nyaman dengan ungkapan “Apalah Arti Sebuah Nama”, walaupun saya faham betul apa maksud dibalik ungkapan tersebut. Karena saya menganggap Nama yaitu untuk nama benda, nama sifat, nama binatang, nama negara, dan sebagainya.

Dan jika anda tidak serius dengan pemberian nama, maka hal tersebut akan berdampak terhadap objek pelaku nya.

Saya adalah orang yang bisa berpikir semalaman hingga berhari-hari jika disuruh mencari nama untuk suatu Produk atau Program Acara, atau Nama suatu Organisasi dan sebagainya. Saya bahkan rela melakukan riset kecil-kecilan atas nama yang akan diberikan.

Riset Sebuah Nama

Jika secara professional seseorang menunjuk saya atau tim yang didalamnya terlibat diri saya, maka saya akan melakukan riset tersebut dengan beberapa parameter, seperti:

  1. Apa makna dari Nama tersebut?
  2. Seberapa mudah di ingat dan disebutkan?
  3. Nyaman tidak didengar di telinga?
  4. Apa yang dirasakan ketika menyebut nama tersebut?
  5. Sudah ada belum domain internet yang menggunakan nya?
  6. Seberapa populer Nama tersebut di dunia ini?
  7. Seberapa dalam makna dibalik makna dari Nama tersebut?

Mengapa saya melakukan riset dengan beberapa parameter diatas? karena menurut menurut saya bahwa penamaan itu benar-benar penting, teramat sangat penting jika kamu benar-benar menghargai objek yang akan diberi nama.

Namun jangan terlalu menuntut kesempurnaan. Karena ini adalah materi yang sangat luas jika akan kita bicarakan lebih dalam. Bisa-bisa anda akan merasa beban karena memikirkan nya. Itu sebabnya pula saya menciptakan parameter sendiri sebagai formula atau landasan dalam mencari dan memberi Nama sebuah Brand atau Produk, atau Nama Orang.

Penamaan dalam Dunia Pemrograman

Penamaan untuk suatu objek baru yang kita ciptakan dinamakan Variabel. dan dari satu variabel ke variabel yang lain itu saling berhubungan.

Dalam Dunia pemrograman, para programmer sudah pasti sering bermain-main dengan penamaan. Dan setiap penamaan sudah pasti harus unik (tidak ada yang sama) agar program tidak error. Selain unik, penamaan ini juga sebaiknya mudah diingat sebab (Aplikasi yang Kompleks/Enterprise) dari satu algoritma ke algoritma yang lain itu bisa berjumlah ratusan ribu jenis bahkan lebih, dan namanya harus berbeda.

Begitupula untuk penamaan dari Tabel beserta isi-isi nya. Belum lagi ketentuan besar kecil huruf, penggunaan karakter, penggunaan Angka, dll dalam pemberian Nama tersebut. Ini akan jauh lebih luas lagi jika akan dibahas. Karena dalam suatu sistem pemrograman, kita sebenarnya sudah menciptakan :

“Suatu Sistem Kehidupan yang Baru”

Menciptakan kehidupan lho, kehidupan yang sudah ada ini aja udah luas. Apalagi kehidupan baru. Ngerti kan maksud saya? kalo belum, silahkan perdalam lagi pemahaman kamu tentang Dunia Pemrograman dan Sistem Informasi 😀

Lalu Bagaimana dengan Nama Orang

Oke, bahasan kita persempit dengan membahas nama orang saja. Jangan sampai melenceng kemana-mana 😀

Menurut saya tidak ada yang berbeda dari semua penjelasan diatas. Bahkan 7 formula tersebut diatas bisa juga menjadi acuan anda dalam memberi nama untuk seseorang. Tidak mencocokkan dan seperti biasa saran saya: Jangan menuntut kesempurnaan, karena tidak akan pernah beres.

Nama adalah Do’a. Apa maksud dari kalimat tersebut? menurut saya maksud dari Do’a yaitu makna dibalik kata. Makna dibalik Nama. Jika nama orang itu mempunyai makna ya akan seperti itulah jadinya orang tersebut (harapan orang tua nya).

Namun beda halnya jika nama orang itu tidak ada maknanya/artinya menurut kamus, menurut omgugel, menurut wikipedia, menurut tetangga sebelah, dll. Yang artinya kita harus memberinya makna sendiri. Misal: AGUS, kita kasih aja artinya ANAK YANG BAGUS. Jangan lu artiin dengan Bulan, bisa-bisa kulitnya nggak mulus ntar pas gede nye 😀

Nama seseorang merupakan Do’a dari orang yang memberi nama tersebut. Namun kita juga jangan egois dalam memberi arti dan pengertian sendiri. Kita juga harus memperhatikan lingkungan sekitar. Jadi sebelum memberi nama anak, coba cari dulu maknanya menurut orang-orang. Siapa tau yang tadinya menurut kita bagus, malah sebaliknya. Kan kesian anak loe ntar.

Karena Lagu yang terindah di dunia ini yaitu Ketika Namamu disebut

Kesimpulan

Sebenarnya ini artikel apaseh. Kenapa kita harus membahas hal biasa yang jarang orang bahas? dan sepertinya hanya bikin pusing untuk dibahas. Hanya buang-buang waktu dan energi.

Tujuan saya cuma satu: Biar Otak Kita Cair !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *