Home » Blog » Website » Cara Pindah WordPress dari Localhost ke Hosting

Cara Pindah WordPress dari Localhost ke Hosting

localhost ke hosting

Localhost ke Hosting – Berikut ini merupakan cara memindahkan file wordpress kita dari localhost ke hosting. Artinya sebelumnya kita telah membuat atau merancang website di Server Lokal lalu kemudian dipindahkan ke Server Hosting (Online).

Contoh Kasus:
Kita akan membangun website dengan CMS wordpress menggunakan nama domain http://armin.id. Namun sebelum membangun website secara online, kita sudah terlebih dahulu membuat/merancangnya di server lokal (localhost).

Bagaimana cara kita memindahkan file tersebut dari server lokal ke server hosting? berikut hasil pengalaman saya:

Langkah Memindahkan File Localhost ke hosting

di Server Hosting:

1. Buat addon domain (jika menggunakan addon domain), namun jika url utama adalah url yang akan anda jadikan web yang akan dikelola, tidak perlu membuat addon domain, nantinya anda cukup melakukan upload+extract di public_html. Atau jika anda numpang server yang telah ada, tentunya anda harus membuat folder sesuai nama domain yang akan dipakai, jika nama domain yang akan dipakai adalah http://armin.id, maka nama foldernya adalah armin.id.
Contoh addon domain: web.armin.id
Contoh domain utama: armin.id

2. Buat database baru beserta username dan password nya. dengan cara masuk ke fitur “MySql Databases” di halaman Cpanel.

Misal: armin_db (pasti ada underscore setelah domain utama. Tulisan db adalah tulisan yang kita buat sendiri), begitu juga dengan Username.

PENTING: Jangan lupa untuk mencentang semua “All Privileges” setelah kita membuat username dan password pada Database Hosting. lalu tekan button Make Changes.

Lalu kita kembali ke localhost:

di localhost:
3. import database, lalu hasil import (format .sql) diubah dgn database yang telah kita buat di hosting (langkah 2). Caranya dengan membuka file .sql tersebut menggunakan text editor kesayangan anda, lalu cari nama database asal-nya.

4. Juga jangan lupa di dalam file .sql, cari tabel wp_options lalu ubah siteurl dan home nya ke alamat yang akan kita pakai. dalam contoh kasus ini yaitu mengganti http://localhost/namafolder menjadi http://armin.id

5. ubah file wp-config.php yang ada di dalam direktori wordpress anda. Lalu ubahlah database, username, dan password sesuai dengan nama yang telah anda berikan di database.

6. Lalu Compress semua file web wordpress anda di localhost menjadi .zip.

Kembali ke Server Hosting:

7. Lakukan upload file wordpress anda tadi, yang telah di kompress menjadi .zip ke Server Hosting.

8. Lalu ekstrak file .zip tersebut.

Hal yang harus diperhatikan adalah:

Jangan lupa memperhatikan file .htaccess. Cari dengan cara unhide file di halaman public_html. Namun jika belum ada juga, anda harus membuatnya sendiri. Tinggal contek di hostingan milik anda/teman/tutorial di google.

9. Masuk ke menu PhpMyAdmin yang ada di Dashboard Cpanel, disana anda akan melihat database yang telah anda buat sebelumnya (langkah 2)

10. Lakukan import database yang telah anda download dari localhost tadi (langkah 3).

Oke, sekarang saatnya anda mengakses website anda dengan domain http://armin.id. Biasanya langkah ini manjur dan website akan online dengan baik. Tidak terdapat link rusak (not found) di dalam website anda yang telah online tersebut. Selamat Mempunyai Website Baru 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *