Home » Blog » Teknologi Informasi » Kode Penting CMD untuk Jaringan WiFi

Kode Penting CMD untuk Jaringan WiFi

Kode penting CMD yang kita kenal sebenarnya bukan hanya untuk konfigurasi atau informasi pada jaringan internet dan WiFi, bisa untuk mendeteksi performa PC, melakukan kegiatan copy, paste, cut, print, dsb, bahkan untuk membuang virus yang susah ditaklukkan dengan Anti Virus manapun.

Pengertian CMD atau Command Prompt adalah suatu perintah DOS berbasis teks pada sistem operasi Windows. Command Prompt di tujukan kepada para pengguna sistem operasi Windows agar para pengguna dapat mengeksplorasi windows secara offline maupun online. Jika pada OS Linux, perintah ini disebut Terminal.

Kode CMD sangat penting untuk dipelajari, karena kekuatan sebuah PC/Komputer/Laptop sebenarnya ada disini (iya gitu?). Namun karena kebutuhan trafik blog 😀 maka saya posting yang lagi dibutuhkan saat ini saja, yaitu berhubungan dengan Jaringan WiFi.

Kronologis pemicu semangat untuk belajar Kode CMD untuk PC dan Internet WiFi

Berawal dari tanggungjawab pekerjaan sebagai pengurus sekalian perawat sebuah website pemerintahan (baca: 3 Tips Sederhana Menjadi Web Developer Sukses) yang secara sengaja (karena tidak di upgrade, kantornya tidak berduit ngeluarin ratusan ribu) terserang virus yang terindikasi berasal dari sebuah paket plugin yang expired, akhirnya terserang dengan metode Brute Force.

Disitu mulai tergerak untuk belajar kode-kode penting CMD untuk mengetahui lubang-lubang serangan melalui jaringan internet. Dari yang dipelajari, terdapat 7 kode yang saya simpan sebagai kode ampuh untuk senjata melawan serangan tersebut sekalian buat nge-hack jaringan internet punya orang lain.

List Kode Penting CMD yang saya gunakan

Tanpa berlama lagi, berikut sharing beberapa kode penting CMD untuk jaringan WiFi, awas jangan digunakan sembarangan. Ntar ketagihan.

  • Perhatikan spasi, huruf besar kecil, dll pada kode. Karena bersifat Case Sensitive.
  • Jangan salah gunakan kode. Gunakan untuk kebutuhan positif. Hukum Karma berlaku.
FSBP (First Step Before Practice):

Sebelumnya anda harus masuk ke Command Prompt (CMD) caranya Anda klik Start Run Ketik cmd.exe atau (Windows + R untuk Windows)

  1. ipconfig

    Mengetahui ip address (alamat jaringan) yang sedang digunakan

  2. net view

    Daftar nama perangkat yang terhubung ke Wi-Fi kamu dengan nama PC mereka masing-masing

  3. arp -a

    Daftar semua perangkat yang terhubung ke Wi-Fi dengan alamat IP, alamat MAC, dan juga tipe dinamis atau statisnya

  4. netstat

    Menampilkan statistik koneksi jaringan ke komputer yang sedang kamu pakai. Netstat bisa disamakan dengan task manager. Perbedaannya, task manager menampilkan proses dan aplikasi yang sedang berjalan, sedangkan Netstat menampilkan layanan jaringan yang sedang dipakai beserta informasi tambahan seperti ip dan port-nya

  5. netstat -ano

    Perintah/command ini akan membantu Anda mengetahui apakah komputer Anda digunakan oleh orang lain atau mencari apa yang Anda lakukan

  6. tracert

    Melacak jalur yang dilalui paket data menuju ip/host tertentu di Internet.

  7. ping -l 1000 IPaddressAnda -t

    Mempercepat Koneksi Wifi

  8. netsh wlan show profiles

    Mendapatkan seluruh daftar WiFi yang pernah terhubung di PC Windows yang sedang kamu gunakan saat ini.

  9. netsh wlan show profile name=”nama WiFi” key=clear

    Mendapatkan password dari daftar WiFi yang ada pada list informasi diatas. Password-nya terdapat pada parameter bertuliskan Key content

Kesimpulan

Kode/perintah CMD yang saya list diatas merupakan kode-kode dasar dari banyaknya kode yang masih tersembunyi dan belum dipelajari semuanya. Namun hanya dari beberapa kode yang saya sebut Kode Penting CMD itu rasanya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan untuk kita melakukan konfigurasi, atau hanya sekedar ingin tahu informasi jaringan pada kehidupan kita sehari-hari.

Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *