kepal spi

KePAL SPI bukan Kelompok Musik Biasa

KePAL SPI sebenarnya Band apa sih? Dari dulu saya sempat bertanya seperti itu, namun layaknya kebanyakan orang yang menganggap hal sepele jadi saya tidak berusaha untuk mencari informasi tentang KePAL SPI yang jarang orang indonesia ketahui ini.

Saya ingat di tahun 2009 pertama kali mendengarkan lagu ini pada saat bertemu teman yang bisa dibilang gH4oL alias banyak tau informasi seputar dunia remaja. Teman saya meperdengarkan lagu ini melalui handphone nya lalu seketika saya pun langsung suka dengan liriknya. Bagi anak muda tertentu mungkin lagu seperti ini dianggap kuno, gak modern ,norak, kampungan, terlalu rakyat, gak tentang cinta, musiknya gak modern, dan berbagai macam hal. Namun saya hanya memandang kedewasaan dari Lirik, pemilihan Alat Musik, dan Jiwa yang sangat merindukan keadilan di dalam lagu ini.

Lagu tersebut yaitu Pilu Pemilu. Dan Lirik seperti itu menurut saya tidak adanya bedanya dengan lirik lagu yang sering dibawakan oleh teman-teman di Kelompok dengan Ideologi Punk.

Kisah Tentang Kelompok Musik KePAL SPI

Dan pada hari ini setelah saya tau ternyata Kepal-SPI merupakan kepanjangan dari Keluarga seni pinggiran anti kapitalisasi – Serikat Pengamen Indonesia. Menurut kabarnya band ini berdiri pada 17 agustus 2001 di Yogyakarta. Namun sebelumnya pada 30 September 1994 sebenarnya kelompok ini sudah berdiri tapi dengan nama Serikat Pengamen Indonesia (SPI) saja. Dan SPI ini menjadi wadah pengamen se-Indonesia.

Didalam perjalanannya, Kelompok ini selalu mengibarkan bendera semangat dalam bermusik dan bernyanyi ditengah masyarakat miskin yang rindu dengan suara lagu perjuangan, syair pembebasan dari sebuah keprihatinan melihat, mendengar dan merasakan.

Album KePAL SPI

Informasi yang saya dapatkan dari kelompok musik ini yaitu mereka telah mengeluarkan sebanyak 3 album. Wah udah bisa dibilang produktif tuh kalo udah nyampe 3 album. Album tersebut, yaitu :

  1. Turun Kejalan (2005)
  2. Pesta Topeng Monyet (2009)
  3. Anak Indonesia (2011)

Saya yakin lagu didalamnya pasti keren semua, anak pengamen gitu loh, kreatif. ada nggak ya link download album nya.

Lirik Lagu Pilu Pemilu

Pemilihan umum telah menipu kita
Sluruh rakyat dipaksa gembira
Hak demokrasi di kantongi
Hidup Kita Belum Merdeka

Semua Partai Anu tak dapat dipercaya
Ujung-ujungnya cuma duitnya
Dibawah undang-undang Warisan Belanda
Jangan Nyoblos ayo tinggal tidur saja

Oke, warga negara yang baik
Di wajibkan kepada semua masyarakat di bawah umur
Untuk mengajak ibu bapaknya Jangan nyoblos,
ayo tinggal tidur saja.

Penutup

Jika ada info yang salah mohon dikoreksi ya, karena saya belum pernah bertemu langsung dengan personil-nya. Dan pesan saya, jaika anda ingin berkarya sebaiknya buatlah karya yang berkualitas dan membangun bangsa. Jangan melulu mengikuti permintaan pasar yang selalu ingin membuat karya lagu dengan tema percintaan. Boleh sekali-sekali, tapi diselingi.

Sekian review singkat saya mengenai Kelompok Musik/Band (ini band ya?) KePAL SPI. Di akhir postingan ini saya hadirkan lagu Pilu Pemilu yang bisa anda dengarkan secara langsung dari akun Soundcloud saya. Dan jika anda ingin mendengarkan lagu lainnya dari KePAL SPI silahkan subscribe akun youtube KePAL disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *