Ideologi Punk dan Segala Macam Tentang PUNK

ideologi punk

Ideologi Punk dalam kehidupan kita – Punk adalah subkultur yang lahir di London, Inggris. Pada awalnya, kelompok punk selalu dikacaukan oleh golongan skinhead. Namun, sejak tahun 1980-an, saat punk merajalela di Amerika, golongan punk dan skinhead seolah-olah menyatu, karena mempunyai semangat yang sama. Namun, Punk juga dapat berarti jenis musik atau genre yang lahir pada awal tahun 1970-an. Punk juga bisa berarti ideologi hidup yang mencakup aspek sosial dan politik.

Berhubung saya seorang Punker yang sialnya tidak kelihatan Punk sama sekali dalam segi penampilan maka salah satu tanggung jawab saya kali ini adalah menyebarkan informasi yang benar tentang ideologi Punk yang banyak beredar di Indonesia, sehingga diharapkan para Punkers dapat memahami Punk lebih dalam lagi.

Kemapanan dalam Ideologi Punk

Kemapanan bagi punk dipandang sebagai bahaya sosial karena berpotensi untuk membatasi kebebasan berpikir, yang mana mencegah orang-orang untuk melihat sesuatu yang benar di masyarakat dan sebaliknya memaksa mereka untuk menuruti kehendak mereka yang disebut penguasa dari pemerintahan.

siklus hidup manusia kebanyakan

Bagaimanapun, seseorang yang berpenampilan seperti seorang punk dan mendengarkan musik punk mungkin dapat dikatakan sebagai bagian dari gerakan punk, tapi mereka sebenarnya bukan punk yang sebenarnya, karena punk adalah sebuah “state of mind”.

Punk, pasti dalam pikiran kita ketika mendengar kata itu pasti yang terbayang adalah kenakalan dan kerusuhan. mereka bergaya ala Punk akan tetapi tidak tahu arti Punk itu sendiri dan tidak tahu pula sejarah dan asal muasalnya. Yang mereka tahu Punk adalah anak gaul, anak band, pemberani dll. Hal yang demikian ini sebenarnya adalah perusak citra punk sendiri karena tujuan punk sebenarnya adalah menuntut keadilan, serta saling menghargai ke semua orang, entah apa itu suku, etnis dan agama harus bersatu melawan ketidak adilan.

Punk berusaha menyindir para penguasa dengan caranya sendiri, melalui lagu-lagu dengan musik dan lirik yang sederhana namun terkadang kasar, beat yang cepat dan menghentak.

Banyak yang menyalahartikan punk sebagai glue sniffer dan perusuh karena di Inggris pernah terjadi wabah penggunaan lem berbau tajam untuk mengganti bir yang tak terbeli oleh mereka.

Banyak pula yang merusak citra punk karena banyak dari mereka yang berkeliaran di jalanan dan melakukan berbagai tindak kriminal.

Mengerti lebih dalam tentang Punk

Punk lebih terkenal dari hal fashion yang dikenakan dan tingkah laku yang mereka perlihatkan, seperti potongan rambut mohawk ala suku indian, atau dipotong ala feathercut dan diwarnai dengan warna-warna yang terang, sepatu boots, rantai dan spike, jaket kulit, celana jeans ketat dan baju yang lusuh, anti kemapanan, anti sosial, kaum perusuh dan kriminal dari kelas rendah, pemabuk berbahaya sehingga banyak yang mengira bahwa orang yang berpenampilan seperti itu sudah layak untuk disebut sebagai punker.

BACA JUGA: Penganut Kurt Cobain Wajib Baca Ini

Tetapi Punk sebenarnya tidak harus menggelandang dijalan,mabuk-mabukan nggak jelas, berambut mohawk,tatoan, berdandan urakan dan apalagi harus berbuat onar.

Pekerja kantoran, mahasiswa, dan pelajar pun bisa dianggap sebagai punkers. Hakekat dari punkers sendiri adalah mereka yang memiliki spirit punk yang pantang menyerah serta peka terhadap masalah sosial yang ada disekitarnya

Punk yang menganut ideologi bagus yaitu Do It Your Self yang artinya lakukan apa yang menurut kamu harus lakukan yang tentu saja tidak menginjak harga diri orang lain dan tidak merugikan orang lain.

Ideologi tersebut sebenarnya sangat bagus jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari yang melatih kita untuk tidak takut untuk mengambil resiko, mandiri, bisa berfikir out of the box, serta menambah giat bekerja untuk tidak bermalas-malasan.

Selain itu jika kita menemui kegagalan ingatlah punk, pasti kita tidak terlarut terus menerus dalam kegagalan itu karena punk mengajarkan tentang ketegaran dalam menghadapi masalah serta tidak boleh cengeng dalam menghadapi masalah.

Dibawah ini adalah video kompilasi yang di kutip dan di saring dari beberapa sumber.

SUMBER:
– https://www.kompasiana.com/raden_rahmat_wijaya/semangat-punk-dan-arti-punk-sebenarnya_552ae9f1f17e612953d623bd
– https://dionbarus.com/ideologi-ideologi-punk/
– https://id.wikipedia.org/wiki/Punk

3 comments

    • Armin Post authorReply

      Iya, banyak orang menilai hanya dari sumber yang tidak benar. Punk itu bukan kriminal, cuma ungkapan kekesalan atas kepincangan sistem pemerintahan yang disengaja oleh para penguasa. Agar kepentingan pribadi mereka tercapai.

  1. Ableh Reply

    punk itu bukan dilihat dari segi penampilannya saja akan tetapi harus dr jiwanya sendiri. Punk itu org” yg komit dengan dirinya darah lu darah gw jg, kebersamaan itulah yg membuat kita” semangat untuk berkarya.

    #PunkDepok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *