Genpi Singkawang

Mari berkenalan dengan GenPI Singkawang

GenPI Singkawang adalah komunitas para pecinta dunia pariwisata yang berbasis Digital. Di dalamnya berisi sebagian besar Generasi Digital Native atau biasa disebut Generasi Millenial yang sudah sangat akrab dengan dunia digital seperti sosial media (sosmed) dan Blog, maka tidak heran komunitas bentukan Kementerian Pariwisata RI ini sering disebut dengan komunitas zaman now, karena pergerakan komunitas ini lebih menitikberatkan pada aktivitas kepariwisataan digital seperti sharing konten wisata kota singkawang melalui sosmed facebook, instagram, twitter, dan sebagainya. Dan tak lupa para blogger yang memang karakteristiknya yaitu berbagi melalui media digital yaitu web/blog.

Kenalan dulu dengan GenPI

GenPI adalah kepanjangan dari Generasi Pesona Indonesia. GenPI adalah komunitas netizen ( termasuk blogger) yang suka Pariwisata. Buat kamu yang suka piknik, suka kulineran, suka foto atau jalan jalan ke destinasi wisata cocok banget nih… Genpi sifatnya relawan dan komunitas ini dibentuk oleh Kementerian Pariwisata RI

Gabung di GenPI itu asik dan seru abiss….. kamu bakal punya temen banyak se Indonesia yang sehobby dan keren abisss. Kamu juga bakal tau informasi ter-update tentang pariwisata. Misalkan destinasi baru, kebijakan pemerintah dan event pariwisata Indonesia yang spekta banget . Udah gitu kamu bakal punya banyak kesempatan mengikuti berbagai macam program dan lomba yang hadiahnya tentu seru abis dan sayang untuk dilewatkan

GenPI ada di seluruh Indonesia. Di 34 Provinsi dan yang sudah launching ada 14 Provinsi. Kamu tidak harus berada di tempat tertentu untuk join GenPI. Misalkan kamu dari Jogja tapi lagi kuliah di Bandung kamu bisa join Genpi Jogja atau Genpi Bandung

Genpi punya banyak aktifitas gaes… aktifitas utamanya ya promosi potensi pariwisata daerah kamu dan bakal di orkestrasi secara nasional. Seru kan,… udah gitu di Genpi kamu bakal punya banyak pengalaman baru … kegiatan dilakukan secara online dan offline. Di online kamu bisa main instagram, twitter atau facebook dan media sosial lainnya dengan konten- konten pariwisata yang seru habis… di online GenPI suka bikin trending topic loh, dan membuat hal hal positif jadi viral. Untuk kegiatan offline genpi sering kumpul- kumpul bikin event dan berpartisipasi di berbagai event pariwisata baik nasional maupun daerah

Genpi punya banyak aktifitas gaes… aktifitas utamanya ya promosi potensi pariwisata daerah kamu dan bakal di orkestrasi secara nasional. Seru kan,… udah gitu di Genpi kamu bakal punya banyak pengalaman baru … kegiatan dilakukan secara online dan offline. Di online kamu bisa main instagram, twitter atau facebook dan media sosial lainnya dengan konten- konten pariwisata yang seru habis… di online GenPI suka bikin trending topic loh, dan membuat hal hal positif jadi viral. Untuk kegiatan offline genpi sering kumpul- kumpul bikin event dan berpartisipasi di berbagai event pariwisata baik nasional maupun daerah

Viral dan trending topic menjadi target utama dari GenPI. Sekain itu kamu bisa terlibat dan memberikan manfaat untuk Indonesia. Kita bakal mengenalkan destinasi baru, potensi potensi budaya dan kuliner. GenPI bahkan mengkreasi destinasi baru yang disebut Menpar sebagai Desinasi Digital melalui pasar pasar creative yang sedang digalakkan. Genpi mengorkestrasi kegiatan offline seperti pelatihan, diskusi dan fam trip.

Genpi itu berkawan di Online dan bersahabat di Offline gaes. Spiritnya volunteer, komunitas yang berjejaring secara nasional. Di Genpi kita semua “merah putih” saling bantu dan saling dukung antar daerah. Anak muda yang keren itu adalah yang mampu memberikan manfaat. Kenapa harus di pariwisata? Nah, pariwisata itu jalan tercepat untuk mensejahterakan bangsa, saat ini sudah menyumbang PDB no 2 untuk Indonesia dan pariwisata adalah masa depan Indonesia. Kamu anak muda harus terlibat nih, membangun bangsa melalui pariwisata.

Siapapun bisa bergabung di GenPI. Syaratnya gampang, suka pariwisata dan aktif di media sosial. Kudu punya akun facebook twitter dan instagram minimal ya gaes.

Nah GenPI memahami kesibukan kamu. Kita udah di zaman digital. Ketemuan bisa online. Dan tidak terikat waktu. Gak harus mengikuti segala kegiatan GenPI tapi kamu bisa membantu memviralkan berbagai kegiatan melalui postingan kamu di medsos. Sibuk boleh yang penting jangan lupa sempetin post like and share ya.

GenPI punya kode etik khusus , No Politik, No Hoax dan No SARA. Selain itu GenPI ketika bermedsos ya berpegang pada etika dan literasi media sosial

(sumber : www.genpi.co)

Sejarah singkat GenPI Singkawang

Pada hari Rabu tanggal 28 maret 2018 di Aula Hotel Dangau Singkawang digelar suatu deklarasi Resmi yang diselenggarakan oleh dinas pariwisata, pemuda, dan Olahraga Kota Singkawang yang dihadiri oleh berbagai komponen masyarakat yang berhubungan dengan bidang kepariwisataan, seperti: PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) kota singkawang, HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia), perwakilan dari beberapa tempat wisata dan hotel di singkawang, komunitas-komunitas, dan masih banyak lagi.

Acara ini juga di hadiri oleh narasumber dari Kadis dan Sekdis Disparpora Singkawang dan perwakilan dari BPPD (Badan Promosi Pariwisata Daerah) yaitu Drs. Zulkifli, SE, M.Bus yang membawakan materi tentang Sosialisasi Pembentukan adan Promosi Pariwisata Daerah dan GenPI Singkawang.

Acara peresmian Generasi Pesona Indonesia untuk Chapter Singkawang (GenPI Singkawang) dimulai setelah dewan BPPD menyampaikan hal-hal pokok tentang BPPD. Dan pada hari itu diadakan pembentukan struktur kepengurusan GenPI Singkawang. Dengan dibentuknya struktur GenPI Singkawang maka Komunitas Generasi Pesona Indonesia Kota Singkawang pada hari itu resmi didirikan.

——— GALLERY PHOTO WAKTU ACARA ——-

——— VIDEO WAKTU ACARA —————

Struktur Kepengurusan GenPI Singkawang

Pembentukan kepengurusan GenPI Singkawang dipilih secara voting. Format kepengurusan merujuk pada format resmi struktur kepengurusan dari GenPI Nasional. dimana terdapat 5 kepengurusan struktural dan 5 Kepengurusan Fungsional. Berikut ini adalah nama-nama yang dipilih dan dipercaya untuk memegang amanat pada jabatan-jabatan tersebut:

  • Pembina: (Kepala Dinas Pariwisata Singkawang)
  • Ketua Umum: Ahmadi MS, S.Par
  • Ketua Harian: Yudi Prasetya, SE
  • Sekretaris: Fitri Agus Lestari
  • Bendahara: Handayani & Multi Siahaan, Amd
  • Ketua Bidang SDM dan Organisasi: Haries Pribady, S.Pd., M.Pd.
  • Ketua Bidang Online: Andri Novrianto (Anning Moe Suke laloo)
  • Ketua Bidang Offline: Prima Adhitya, ST
  • Ketua Bidang Humas: Armin Martajasa, ST
  • Ketua Bidang Konten Kreatif: Aprido Cafrianus Matsum

Nama-nama diatas ditunjuk secara performa dan telah dipercaya sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing, dengan harapan dapat mengemban amanah dan mampu membawa bendara GenPI Singkawang ke arah yang terbaik kedepannya.

Logo GenPI Singkawang

Font Singkawang dan GenPI mengikuti font Wonderful Indonesia. Karena GenPI adalah komunitas atau blogger yang menyukai pariwisata, kuliner, fotografi, dan lainnya yang dibentuk oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.
Icon / Logo. Huruf P pada tulisan GenPI dibentuk seperti huruf S yang mewakili huruf awalan nama kota, yaitu kota Singkawang. – Warna. Warna pada Icon / Logo yang diambil dari P pada GenPI, menggunakan warna dari Wonderful Indonesia. Melambangkan atau mengidentitaskan dari program kerja Kementrian Pariwisata Republik Indonesia.

Pembentukkan 3 (tiga) warna pada :

Titik huruf i, diambil dari warna 3 (tiga) etnis yang mayoritas di kota Singkawang, diwakili dengan motif “Tidayu”. Keharmonisan dari berbagai etnis di Singkawang menjadi ciri khas kota dan pedoman etnis di kota-kota lainnya. Event dari berbagai etnis ini menjadi target destinasi wisatawan lokal dan mancanegara.

Alamat Akun Sosial Media GenPI Singkawang

  • Instagram : https://www.instagram.com/genpi.singkawang/
  • Twitter : https://twitter.com/genpisingkawang
  • Messenger : m.me/Genpiskw.
  • Facebook : https://www.facebook.com/genpisingkawangofficial
  • Fanspage : https://www.facebook.com/Genpiskw

Cara bergabung di GenPI Singkawang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *