Home » Blog » Opini » Fenomena Ngantuk

Fenomena Ngantuk

Ngantuk adalah satu kondisi ringan nan biasa tapi justru menjadi hal yang paling sering membuat masalah dalam hidup kita. Banyak sekali masalah dari yang besar sampai yang kecil terjadi karena mengantuk ini.
Alasan formal yang biasa orang ketahui dari penyebab mengantuk ini adalah karena kurang tidur, tapi hal itu bisa terbantahkan karena banyak sekali kita menemukan suatu kondisi mengantuk yang tidak di akibatkan oleh kurang tidur, tapi mungkin karena kebiasaan. Pada jam tertentu seperti sudah di setel, mata ini pasti dengan sendirinya menjadi kecil dan berubah ukuran menjadi beberapa milimeter saja. Ada juga yang mengalami suatu syndrome mengantuk disebabkan karena suasana yang membosankan, hambar, dan tidak berpengharapan untuk beberapa jam kedepan.
Oh, sungguh sampai saat ini saya juga belum begitu mengerti tantang penyebab utama mengantuk ini.

Efek dari mengantuk

Sadarkah kita dari fenomena mengantuk yang sepele ini kita sering berhadapan dengan masalah yang begitu besar.
Banyak sekali masalah besar yang di akibatkan dari mengantuk ini yang salah satunya bisa kita tebak yaitu kecelakaan.

  1. Ya, kecelakaan dalam berkendaraan. Dari mulai mengendarai sepeda sampai kendaraan roda empat bisa menghasilkan kejadian tragis akibat si mengantuk ini. Bahkan ratusan nyawa bisa melayang di akibatkan pilot pesawat yang mengantuk.
  2. Dalam berkarir, mengantuk ini juga sering menjadi masalah yang di anggap sepele, padahal akibat dari mengantuk ini kita bisa kehilangan berapa juta bahkan milyar karena di tinggal tidur. Atau kenaikan gaji yang tak kunjung datang akibat bos sering melihat kita tiduran di kantor.
  3. Contoh lain lagi kadang kita mengalami kondisi ini saat menempuh pendidikan akademis. Di sekolah atau di kampus kita tidak akan mendapatkan konsentrasi yang full di akibatkan si mengantuk ini. Padahal pelajaran / mata kuliah tersebut sangat penting untuk karier kita ke depannya.
  4. Lebih daripada itu, dalam agama islam juga telah dengan jelas melarang untuk berngantuk ria di saat masuk waktu sholat subuh.

Mengantuk bisa membuat kita kehilangan masa depan, mengantuk bisa membuat nyawa melayang, mengantuk bisa membuat miskin seseorang, bahkan mengantuk bisa membuat kita mendapat dosa. (astafirulloh sesuatu)

Mengantuk adalah hal yang kecil dan sepele, kita sangat jarang mempermasalahkan hal ini. Ya memang ini juga bukan masalah, setidaknya kita punya antibiotik nya seperti kopi, nonton film action, atau tertawa sendiri tanpa sebab yang jelas.

Beristirahatlah ketika mengantuk, itu istilah untuk berkendaraan. Tapi bagaimana jika kondisinya di saat kita di haruskan untuk dalam kondisi yang fit ? saya juga tidak tahu jawabannya, karena sekarang saya juga sudah mengantuk. hoaahhmm..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *