Home » Blog » Software » Cara Posting Artikel Blog dari Microsoft Word secara Otomatis

Cara Posting Artikel Blog dari Microsoft Word secara Otomatis

Cara Posting Artikel Blog – Setelah kemarin kita belajar cara setting ukuran F4 di microsoft word untuk ukuran ngeprint secara permanen, hari ini saya kembali iseng melihat-lihat fitur Aplikasi Perkantoran sejuta umat ini yaitu Ms.Word (Microsoft Word) eh ketemu deh fitur untuk posting Artikel Blog.

Sebenarnya sudah lama saya tau hal ini, namun belum pernah sama sekali mempraktekkannya, karena (bagi saya yang selalu melakukan posting melalui mode HTML) apabila kita posting dari microsoft word maka akan ada skrip-skrip xml dari aplikasi ms.word yang masih nempel di setiap baris postingan didalamnya, tentu saja mengganggu dan terlihat sangat ramai sekali.

Cara Posting dari Microsoft Word 2007

Saya mempraktekkan ini di Microsoft Word Versi tahun 2007 karena memang sudah ter-install di laptop Windows7 saya, bagi anda yang menggunakan microsoft word 2010, 2016, 2019, dsb tinggal mengikuti saja, karena fiturnya tidak jauh-jauh, hanya sekitar situ aja.

  1. Buka Aplikasi Microsoft Word anda, lalu langsung menuju ikon Bulat di Sisi Paling Pojok Bagian Atas Kiri aplikasi tersebut. Lalu pilih publish > Blog
    1. Cara Posting Artikel Blog dari Microsoft Word 2007
  2. Muncul jendela Register a Blog Account, dan tekan tombol Register Now
    2. Cara Posting Artikel Blog dari Microsoft Word 2007
  3. Pilih Provider Blog anda. Disini saya menggunakan provider dari platform CMS WordPress, setelah itu tekan next.
    4. Cara Posting Artikel Blog dari Microsoft Word 2007
  4. Nah bagi anda yang memilih wordpress, anda diwajibkan untuk mengisi akun login wordpress anda sesuai username dan password. Namun sebelumnya anda harus mengisi Blog Post URL dengan format sebagai berikut

http://namabloganda.com/xmlrpc.php

(boleh menggunakan https, dan jangan ditambah www lagi)

Maaf, tutorialnya tidak saya lanjutkan sampai akhir

Disini saya tidak menampilkan tutorial sampai akhir, tetapi sudah sekitar 80%, dan anda tinggal melanjutkan saja. Mengapa tutorial ini tidak saya lanjutkan? karena ada satu alasan yang membuat saya berhenti untuk meneruskan kegiatan ini, yaitu:

Saya mematikan fungsi xmlrpc di blog wordpress saya, dengan alasan keamanan. Banyak Blog yang diretas melalui lubang yang satu ini. Ya, serangan Brute Force salah satunya melalui file xmlrpc.php

Namun tidak ada salahnya jika anda merasa nyaman ingin melakukan posting artikel blog melalui aplikasi kantor microsoft word.

Penutup

Tutorial ini hanya bagi yang sudah merasa nyaman dengan aplikasi microsoft word, namun bagi saya pribadi sejujurnya tidak saya sarankan, karena beberapa hal yang sudah saya sebutkan diatas.

Namun jika saya bertemu klien yang mengirimkan artikel melalui Microsoft Word, maka artikel tersebut saya salin/copy lagi ke Notepad. Kenapa? Untuk menghilangkan skrip-skrip yang masih menempel di postingan. Skrip tersebut akan jadi aneh jika langsung masuk ke formulir posting di blog anda.

Sekian dulu artikel tentang cara posting artikel blog di Ms.Word kali ini, semoga saya kembali rajin posting tentang tutorial lagi. Selamat bermalam Minggu 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *