Home » Blog » Tokoh » Biografi Zee Avi, Prestasi, dan Jiwa Etnik-nya

Biografi Zee Avi, Prestasi, dan Jiwa Etnik-nya

biogravi zee avi

ZEE AVI mungkin belum banyak yang tau tentang eksistensi beliau buat kita yang berada di indonesia. Tapi tahukah anda bahwa penyanyi bernama asli Izyan Alirahman atau biasa di panggil KokoKaina ini adalah penyanyi yang berhasil menyabet peringkat ke 130 dalam billboard hot 200 chart dan peringkat ke-2 pada Bagan billboard Top Heatseekers di Amerika. Lalu pada 2 minggu setelah debut pertama nya di luncurkan berhasil menjual 6000 keping kopi untuk di daerah amerika seikat saja.

Biografi Zee Avi

Zee Avi adalah artis kelahiran Kota Miri (Sebelah utara pulau borneo/kalimantan yang merupakan daerah bagian administrasi Sarawak, Malaysia) pada tahun 1985 yang lalu. Beliau pindah ke kuala lumpur pada usia 12 tahun dan pernah mengenyam pendidikan di American InterContinental University di London untuk belajar desain fashion (Sumber: Wikipedia). Zee Avi yang kita kenal sekarang ini merupakan seorang penulis lagu, penyanyi, gitaris, dan pemain ukulele.
Siapa sangka musisi setenar Zee Avi adalah juga artis yang di bantu ketenarannya berkat situs unggah video yaitu youtube, karena di bulan september 2007 beliau memposting lagu pertamanya di YouTube untuk salah satu temannya yang merindukan penampilan perdananya di Kuala Lumpur.

Dan temannya yakin sekali bahwa video itu akan tenar. Singkat cerita, video nya di lirik oleh “Patrick Keeler ” dari The Raconteurs yang telah menghubungkannya kepada “Ian Montone” manager dari grup band The White Stripes, The Shins, The Raconteurs, and lain-lain. Perjalanannya berakhir pada kontrak dengan Perusahaan Studio Rekaman “Brushfire Records”.

Debut album pertama zee avi yaitu “Self-titled” resmi dirilis pada tanggal 19 Mei 2009. Dan zee avi melakukan tur keliling amerika setelah album itu meledak di pasaran amerika.

Kesimpulan dari saya pribadi bahwa zee avi adalah seniman besar yang menuangkan karya seni nya lewat lagu dan memegang teguh konsep etnik/tradisional pada karyanya. Ada beberapa lagu keren yang saya saksikan pada video nya dengan intro dan cita rasa khas suku dayak kalimantan yang pemain musiknya adalah orang bule dengan menggunakan gitar khas dayak (entah apa namanya :D), lalu di balut dengan lirik lagu berbahasa inggris yang di lantunkan oleh suara emas zee avi. Anda bisa saksikan sendiri pada klipnya yang berdurasi 19 menit 48 detik di halaman resmi Youtube milik zee avi:

klik link youtube ini.

Bahkan satu lagu yang benar-benar “zee avi banget” dengan logat dan bahasa dayak nya (kata orang bule) berjudul “Siboh Kitak Nangis” yang walaupun saya sendiri berasal dari kalimantan, tapi juga gak ngerti gan bahasanya 😀

Jika anda tertarik ingin tau lebih lengkap lagi tentang sejarah, biografi, maupun prestasinya si zee avi ini..silahkan masuk ke web resminya di http://zeeavi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *