belajar desain google

Belajar Desain dari Google

Belajar desain adalah pengalaman yang paling seru menurut saya. Karena ilmu desain dihasilkan dari sejauh mana kita mampu berpikir diluar batas. Semakin jauh kita berpikir maka semakin unik desain yang kita buat, istilah untuk hal tersebut yaitu Thinking out of The Box.

Pada tahun 2011 saya mulai meneliti perubahan desain. Yang pada awalnya orang lebih memuja desain yang super ribet menjadi super simpel (sederhana). Perkembangan desain interior yang pada tahun sebelumnya yaitu Renaissance Style, seketika berubah kearah Minimalist Style. Begitu juga Desain Layout, tadinya menggunakan gradient, shadow, emboss, dll, seketika berubah menjadi Flat Design. Begitu juga pada Desain Web.

Belajar Desain dari pengalaman Kerja

Pada awal tahun itu saya diberi kesempatan untuk bekerja di salah satu Instansi Pendidikan Ternama di Indonesia, yaitu kampus ke-2 terbaik di Indonesia (Silakan googling sendiri). Dan ditempatkan pada posisi UI Designer (User Interface). Pada saat itu saya harus mempelajari lebih dalam tentang Desain. Gaya desain terkini yang belum booming di Indonesia yaitu Flat Design.

Membuat, merancang, Desain interface sebuah aplikasi dan Website adalah pekerjaan utama yang saya lakukan pada saat itu. Dan framework css pertama kali yang saya gunakan adalah YAML dari Jerman. Framework ini sudah ada setahun sebelum Twitter Bootstrap dilahirkan.

Belajar dari Halaman Google Design

Seiring berjalannya waktu, semakin saya belajar desain yang super simpel, yang pada akhirnya bertemu dengan satu halaman yang sangat menarik yaitu Google Design. Begitu banyak pengalaman yang di dapatkan pada halaman tersebut. Hingga sat ini saya terus mengikuti perkembangan nya.

Pada awal tahun 2015, Google Design menerbitkan sebuah artikel yang menarik bagi saya, berjudul Evolving the Google Identity. Dan saya mendapatkan hal yang lebih baru lagi. Beberapa elemen desain tersebut yaitu:

  1. Heksa Warna Logo Google Resmi
    Pemberian warna pada logo Google terjadi pencerahan. Kecuali untuk warna Biru. Berikut heksa warna hasil pembaharuan Logo Google:

      Sebelum Perubahan:

    • BIRU: #4285f4
    • HIJAU: #0F9D58
    • KUNING: #F4B400
    • MERAH: #db4437
      Sesudah Perubahan:

    • BIRU: #4285F4
    • HIJAU: #34A853
    • KUNING: FBBC05
    • MERAH: EA4335
  2. Sedangkan warna pada font di halaman Web Resmi Google Desain yaitu Font #424242

  3. Font Resmi Google Design
    Jika anda memperhatikan tulisan di beberapa produk Google pada saat ini, anda akan melihat keseragaman dari Typefont. Banyak yang bertanya typefont yang digunakan. Font tersebut bergenre Geometric Sans-serif Typeface yaitu:
    Google Sans, silahkan download font yang digunakan oleh google dibawah ini:
    Download Google Sans

belajar desain dari google

Kesimpulan

Masih banyak tempat belajar desain di dunia ini, yang penting anda mempunyai niat yang kuat untuk belajar pasti akan mendapatkan sumber untuk anda belajar. Guru maya yang tidak kelihatan yaitu Internet, asal anda punya niat, anda akan banyak belajar darinya. Selamat Belajar Desain !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *