artikel bikin semangat

Artikel ini bikin Semangat dalam melakukan Pekerjaan

Setiap dari kita yang melakukan suatu pekerjaan pasti mempunyai semangat yang berbeda dalam menjalaninya. Ada yang malas-malasan di pekerjaan dan ada juga semangat bahkan over semangat dalam melakukannya.
Pertanyaannya, Mengapa kita semangat dan malas-malasan?

Ada 1 kata kunci yang menurut saya mendorong kita untuk semangat dan bermalas-malasan dalam melakukan pekerjaan yaitu “MOTIVASI

Banyak diantara kita yang malas dalam melakukan pekerjaan karena kurang termotivasi untuk melakukannya, oleh sebab itu setiap bidang pekerjaan banyak sekali yang menawarkan sistem gaji, bahkan malah audisi perbulannya seperti menjadi sales terbaik, karyawan terbaik, cabang terbaik, dan sebagainya.
Walaupun ada juga beberapa bidang pekerjaan yang tanpa menggunakan gaji ataupun nominasi / events tapi setidaknya orang-orang yang bekerja di dalam nya mempunyai semangat untuk mengejar visi atau sekedar melakukan kepuasan di dalamnya.

Anak sekolah yang malas-malasan untuk pergi ke sekolah bahkan cenderung sering membolos karena di sebabkan hal itu, mereka mungkin malas melihat tingkah gurunya, malas bertemu teman sekelasnya, tapi ketika mereka semangat..saya yakin ada satu motivasi yang mendorong di dalamnya, mungkin dari sisi pelajaran yang di sukainya atau malah tentang love yang selama ini para remaja banyak lakukan di bangku sekolah.
Dalam proses pendidikan, fenomena seperti ini sangat umum sekali terjadi pada masyarakat kita sekarang. Jadi untuk menumbuhkan semangat dalam diri kita saran saya adalah selalu ucapkan dalam setiap pekerjaan yang kita malas melakukannya tapi memang tidak boleh untuk tidak di kerjakan yaitu :

Cintailah apa yang tidak kita cintai, dan jadikan itu sebagai musuh yang harus di lawan, jika saya kalah maka saya akan terpuruk dan menjadi seorang pecundang, tapi jika menang maka saya akan menjadi pemenang dan berdampak baik di masa mendatang !

Melakukan pekerjaan, lakukanlah mumpung semangat

Lain pula halnya dengan suatu pekerjaan yang di depan nya masih belum jelas kita ketahui apa yang akan kita dapatkan, jika bekerja sebagai karyawan atau pegawai maka kita akan mendapatkan gaji, jika belajar sebagai siswa atau mahasiswa/i maka kita akan naik kelas atau IPK tinggi, tapi jika masih belum jelas ke depannya..apakah anda akan melakukan pekerjaan seperti tadi ? saya rasa tidak, karena suatu pekerjaan yang masih belum jelas ke depannya sama saja dengan kita melangkah keluar rumah tanpa arah tujuan, dan itu sudah pasti membuat kita malas. Walaupun sedikitnya kita tau manfaat apa yang kita peroleh dari mengerjakan hal tersebut.
Nah untuk kasus seperti ini saya sering sekali mengalami, seperti menulis artikel di blog dan web orang lain, mengulik suatu hal baru yang ingin saya ketahui tapi masih belum mempunyai pondasi yang kuat dari potensi yang di hasilkan, atau cuma sekedar untuk mandi pagi 😛

Jawaban yang sering saya katakan dalam hati untuk hal ini adalah : LAKUKANLAH MUMPUNG SEMANGAT karena jika tidak maka kamu tidak akan melakukannya sama sekali, NOW OR NEVER !

Hal ini sering sekali terjadi kepada kita dalam melakukan perencanaan yang bersifat belum pasti dan tidak jelas hal teknisnya. Jadi cuma sekedar ngomong dan tidak merencanakan secara spesifik lalu segera melakukannya.

Banyak orang yang mempunyai rencana luar biasa, tapi GAGAL karena tidak melakukannya. Banyak ide bagus dan brilliant, tapi tidak terjadi apa-apa sampai hari ini. Karena sesuatu yang di rencanakan tapi tidak di lakukan sama saja dengan basa-basi, bercanda, ngobrol warung kopi, numpang lewat !

Tujuan artikel ini ditulis sebenarnya hanya untuk sedikit membuka lebar mata kita setelah bangun tidur dan bukanlah satu-satunya yang membuat kita semangat dalam melakukan pekerjaan, tapi kembali kepada pertanyaan dalam diri kita masing-masing, apakah semangat di perlukan dalam melakukan setiap pekerjaan yang di anggap berguna bagi orang lain walaupun belum tentu sepenuhnya bagi kita.

Dan setidaknya artikel ini bisa bikin kita semangat dalam memulai melakukan pekerjaan di pagi hari ini.

3 Comments

  1. Menurut saya selain MOTIVASI, HOBBY dan MINAT itu juga penting. Karena jika kita kerja hanya berdasarkan motivasi saja, kemungkinan pekerjaan itu kita kerjakan dan selesaikan hanya karena termotivasi oleh kompensasi dan jabatan yang ditawarkan, tetapi tidak dengan sepenuh hati.

    Namun jika dengan gabungan antara motivasi, hobby dan minat, maka akan sejalan dan pekerjaan itu bisa dikerjakan dengan sepenuh hati, tanpa hanya mengharapkan kompensasi dan embel-embel yg lainnya..

    Nice info gan, jd pengen kerja (lagi) … 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *